Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Banjir, Wagub Jateng Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai

0 118

MURIANEWS.com, Pati – Memasuki musim hujan, masyarakat di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Pati, diminta untuk membersihkan sungai. Mengingat, sampah yang menyumbat sungai bisa memicu banjir.

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen mengatakan, potensi kerawanan bencana ini ada di seluruh wilayah Jawa Tengah. Karena itu, pihaknya sudah mengumpulkan semua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di 35 kabupaten/kota untuk merespon masalah tersebut.

“Nah, yang bisa dilakukan masyarakat adalah, mari kita bersihkan sungai-sungai dari sampah agar nanti tidak terjadi banjir,” katanya di sela-sela menghadiri Tradisi Meron di Sukolilo, Pati, Senin (11/11/2019).

Terkait dengan antisipasi bencana, pihaknya menyebut juga sudah menyiapkan sejumlah langkah. Bahkan, semua kabupaten/kota yang rawan terjadi bencana banjir, sudah dilakukan pendataan.

“Kami sudah membuat grup WhastApp (WA) khusus untuk 35 BPBD kabupaten/kota di Jateng. Kita bisa koordinasi melalui grup itu,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai. Karena, kalau saat musim hujan, sampah itu bisa mengganggu jalannya air.

“Marilah kita sama-sama membersihkan sampah. Ini harus ada kesadaran dari diri kita sendiri,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.