Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pendangkalan Waduk Seloromo Pati Parah, Kapasitas Jadi Tak Maksimal

MURIANEWS.com, Pati – Kondisi Waduk Seloromo di Desa/Kecamatan Gembong, Pati saat ini tengah mengalami pendangkalan. Sehingga, kapasistas air yang bisa ditampung di dalamnya tak bisa maksim.

Operator Waduk Seloromo Susanto mengatakan, pada 2012 silam, sudah dilakukan pengecekan terkait tinggi sedimentasi. Pada saat itu, tingkat pendangkalan mencapai 2,5 juta meter kubik.

Padahal, kapasistas dari Waduk Seloromo itu sendiri adalah 9,5 juta meter kubik. Sehingga, sampai saat ini kapasitas air tersebut juga semakin berkurang seiring dengan pendangkalan yang terjadi.

“Kapasitasnya berkurang sejak ada pendangkalan. Dari 2012 kami sudah melakukan pengecekan, tapi sampai saat ini belum dilakukan pengerukan,” katanya, Sabtu (9/11/2019).

Dia menambahkan, untuk kedalamannya sendiri, apabila diukur dari daratan adalah mencapai 20 meter. Sementara apabila diukur dari permukaan air hanya 3-4 meter.

“Kondisi saat ini memang sangat parah, apabila melihat daya tampungnya,” imbuh Susanto.

Dia juga mengatakan, sudah saatnya waduk yang seluas 160 hektare itu bisa segera dinormalisasi. Mengingat, sedimentasi yang terjadi sudah sangat parah. Terlebih, sebentar lagi sudah musim hujan.

“Jika dilakukan normalisasi, tentu daya tampungnya bisa lebih maksimal. Kalau kita lihat, yang masih dalam adalah pada pintu pengatur air. Sementara di sekelilingnya sudah dangkal,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...