Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cukai Naik, PPRK Desak Pemerintah Serius Berantas Rokok Ilegal

0 45

MURIANEWS.com, Kudus – Persatuan Perusahaan Rokok Kudus (PPRK) meminta komitmen pemerintah untuk lebih serius dalam memberantas peredaran rokok ilegal. Hal dilakukan sebagai konsekuensi dari kenaikan cukai oleh pemerintah pusat.

Ketua PPRK Kudus Agus Sarjono mengatakan, mau tidak mau pihaknya harus sepakat dengan adanya kenaikan cukai oleh pemerintah. Hanya ia berharap agar komitmen pemerintah untuk memberantas peredaran rokok ilegal yang masih merajalela lebih serius.

“Kami minta kepada pemerintah pusat untuk berantas peredaran rokok ilegal secara intens,” jelasnya, Jumat (8/11/2019).

Ia mengatakan, peredaran rokok ilegal di pasar dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan. Mulai dari 11 persen, kemudian sekarang hanya tujuh persen. Hanya, jumlah tersebut masih terlalu tinggi. Oleh karena itu diharapkan ke depan pemerintah lebih serius untuk menekan peredaran rokok ilegal.

“Harapannya bisa memberantan bisa jadi 5 persen,” harapnya.

Baca Juga:

Terkati dengan kenaikan cukai, ia mengaku tidak terlalu signifikan bagi usahanya. Apalagi, usaha Perusahaan Rokok (PR) Timur Emas Tunas Inti yang merupakan golongan tiga sudah mengantisipasi kenaikan cukai.

“Saya sudah membaca ritme pemerintah. Pada tahun 2018 tidak ada kenaikan. Kami pribadi telah menyesuaikan atau menaikan sendiri minimal diharga Rp 5.400. Itu strategi kami,” ungkapnya.

Kenaikan cukai, menurutnya berdampak pada perusahaan rokok golongan satu dan dua. Karena kenaikan cukai yang terbilang besar.

“Golongan satu, misalnya itu isi 16 batang nanti harga bandrolya Rp 27 ribu. Itu kenaikan yang luar biasa. Maka mudah-mudahan konsumen memahami memang kenaikan ini merupakan sebuah keharusan,” harapnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menerbitnya PMK 152/2019 yang ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani secara resmi menaikkan cukai rokok rata-rata sebesar 23 persen. Seiring dengan kenaikan tersebut, harga rokok eceran pun naik sebesar 35 persen.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.