Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

ASN di Pati Wajib Pakai Batik Bakaran, Perajin Kebanjiran Orderan

0 126

MURIANEWS.com, Pati – Seiring dengan diwajibkannya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pati mengenakan batik, membuat perajin batik kebanjiran order.

Tamzis Al Anas, pemilik Batik Yuliati Warno salah satu produsen batik Bakaran di Desa Langgenharjo, Juwana, Pati menuturkan, lonjakan permintaan batik Bakaran sudah terjadi sejak HUT Pati Agustus 2019 lalu.

Peningkatannya mencapai 100 potong dalam sebulan. Kemudian September 2019 juga mengalami peningkatan.

“Peningkatan drastis sejak Oktober hingga November ini. Jika dikalkulasi semua ada sekitar 1.000 pesanan. Ada beberapa dinas yang memesan dengan skala besar,” katanya, Jumat (8/11/2019).

Bahkan saat ini masih ada pesanan batik yang belum jadi. Sebab, batik yang dipesan adalah motif klasik sehingga membutuhkan waktu agak lama.

Satu motif bisa membutuhkan waktu hingga dua pekan. Batik yang dipesan oleh ASN sebagai baju adat Pati kebanyakan motif liris, manggar, kedele kecer, parang, ladrang, gandrung, kawung, hingga kungker.

“Satu potong harganya sekitar Rp 200 ribu-Rp 1 juta. Harga tergantung kualitas canting, pewarnaan, dan kain,” ujarnya.

Baca: Iuran BPJS Naik, Ganjar Minta Tunggakan Rp 249 Miliar di 6 RSUD Segera Dibayar

Untuk memenuhi permintaan komsumen itu, saat ini pihaknya mempekerjakan 32 pembatik perempuan yang mengerjakan batik Bakaran dengan sistem pengerjaan di rumah masing-masing. Semuanya ibu rumah tangga, sehingga dengan kebijakan itu bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Dengan kewajiban ASN menggunakan batik Bakaran, kami dari perajin sangat senang. Ini memperkuat perekonomian rakyat. Kalau bisa tidak hanya ASN saja, namun semua lembaga atau sekolah menggunakan batik produksi lokal Pati,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.