Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

DPRD Janji Bakal Kaji Ulang Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta di Kudus

0 1.820

MURIANEWS.com, Kudus – DPRD Kudus berjanji akan mengkaji ulang keluhan dari para guru penerima tunjangan kesejahteraan guru swasta di Kota Kretek. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPRD kudus Masan.

“Akan kami kaji ulang. Besok kami akan lakukan rapat dengan dinas pendidikan kesra,” jelasnya kepada awak media, Kamis (7/11/2019).

Masan mengatakan, terkait dengan tunjangan guru swasta memang ada pengurangan. Tahun sebelumnya, anggaran mencapai Rp 127 miliar. Hanya pada tahun ini digunakan sebesar Rp 44,5 miliar.

“Jadi ada pengurangan sehingga penggunaan anggaran hanya sekitar 35 persen,” katanya.

Apalagi, semula penerima tunjangan guru sebesar Rp 1 juta. Setalah dilakukan verifikasi sesuai dengan jam kerja, jumlah siswa, dan masa kerjanya menurun dratis. Bahkan ada yang mendapatkan tunjangan kesejahteraan satu bulannya Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu.

“Ini kan ndak masuk ke logika. Ini harus dilakukan kaji ulang. Besok kita akan rapatkan,” lanjutnya.

Baca Juga:

Lebih lanjut, dana tunjangan kesejahteraan tidak bisa dimasukan dalam anggaran hibah. Dana tunjangan masuk dalam belanja langsung. Jika masuk dalam dana belanja langsung maka anggaranya tidak menycukupi untuk memenuhi tunjangan kesejahteraan guru.

“Kalau ini hibah ini jelas tidak bisa. Ini masukanya dalam belanja langsung. Kalau belanja langsung dananya ndak nyandak,” ungkapnya.

Ditambahkan, rencananya DPRD Kudus akan memparipurnakan APBD Tahun 2020 pada 15 November mendatang. Saat ini rencananya besok, Jumat (8/11/2019) pembahasan badan anggaran.

Sebelumnnya, puluhan penerima Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) di Kabupaten Kudus mendatangi DPRD Kudus, Kamis (7/11/2019). Mereka meminta agar tunjangan kesejahteraan guru diberikan secara utuh yakni Rp 1 juta.

Tak hanya itu, mereka juga meminta agar tunjangan kesejahteraan itu diberikan merata bagi guru swasta di Kudus. Pasalnya masih banyak yang belum mendapatkan tunjangan kesejahteraan guru swasta.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.