Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelajar Dominasi Pelanggaran Selama Operasi Zebra di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Satlantas Polres Pati menindak 3.198 pelanggar lalu lintas selama Operasi Zebra Candi yang digelar 23 Oktober hingga 5 November 2019. Dari jumlah tersebut, 44 persen pelanggaran didominasi oleh pelajar.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati Iptu Syamsi mengatakan, banyak pelajar yang terjaring operasi. Mereka berangkat sekolah dengan mengendarai sepeda motor tanpa membawa STNK. Bahkan beberapa juga tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Dominasi memang pelajar, ada 44 persen dari total pelanggaran,” katanya saat dihubungi, Rabu (6/11/2019).

Dia juga mengatakan, jumlah pelanggaran di Pati tersebut lebih tinggi dari target dari Polda Jateng, yang hanya 2.800 pelanggaran. Dengan demikian menurutnya, kesadaran warga untuk menaati peraturan lalu lintas masih kurang.

Padahal, sebelum Operasi Zebra Candi digelar, pihak kepolisian sudah melakukan sosialisasi. Bahkan sosialisasi juga dilakukan di berbagai media sosial.

“Ini menjadi evaluasi bagi kami. Tingginya angka pelanggaran, bukan merupakan sebuah prestasi. Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Selama OPERASI ZEBRA itu, pengguna jalan yang tidak mampu menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan, maka kendarannya akan disita oleh petugas sebagai barang bukti. Sementara pengendara bisa menunjukkan SIM tetapi tidak membawa STNK, maka SIM tersebut diambil sebagai barang bukti.

Begitu juga apabila pengendara hanya mampu menunjukkan STNK, maka STNK itu akan diambil sebagai barang bukti. Tercatat, ada 681 SIM, 2.384 STNK, 124 motor dan 9 unit mobil yang diamankan.

“Sebagian barang bukti sudah ada yang diambil oleh pemilik lantaran sudah menyelesaikan proses persidangan,” terangnya.

Iptu Syamsi juga mengimbau agar masyarakat Pati melengkapi surat-surat kendaraan jika hendak dalam berkendara. Selain itu, penting juga untuk selalu menaati tata tertib lalu lintas.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...