Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pepadi Jepara Akan Rintis Pendidikan Dalang dan Waranggana

0 50

MURIANEWS.com, Jepara – Untuk terus melestarikan kesenian wayang, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jepara, berniat akan membuka rintisan pendidikan dalang. Selain itu juga akan dibuka pendidikan untuk waranggana juga.

Ketua Pepadi Jepara Ki Hendro Surya Kartiko menyatakan, pendidikan untuk dalang dan waranggana tersebut diharapkan bisa mewadahi bakat-bakat pewayangan di Jepara. Pada tahap awal akan dirintis sebuah pendidikan yang lebih bersifat pelatihan.

“Kalau pendidikan formal kayaknya belum sampai ke sana. Kami baru melakukan rintisan. Tentu saja kalau memungkinkan ya bisa sampai bisa pendidikan formal,” ujar Ki Hendro Suryo Kartiko, Rabu (6/11/2019).

Pepadi Jepara saat ini sudah mulai merintis untuk melatih para waranggana. Sudah ada sekitar 15 orang yang saat ini diwadahi dalam sebuah kelompok latihan. Sedangkan untuk para dalang, saat ini masih menggunakan pola pelatihan dengan dititipkan ke masing-masing dalang.

Masing-masing dalang memiliki murid untuk berlatih. Namun tentu saja prosesnya belum ada standar yang sama. Artinya masih bergantung para dalang yang mengajari para dalang muda yang tertarik untuk menekuni kesenian wayang.

“Apa yang sudah kami rintis ini, kami berharap bisa terus berkembang. Kesenian wayang harus tetap lestari dan bisa terus diwariskan dari generasi ke generasi,” katanya.

Saat ini di seluruh Kabupaten Jepara, jumlah dalang  yang masuk dalam keanggotaan Pepadi Jepara mencapai 32 orang. Mereka merupakan dalang-dalang senior, yang sudah memiliki kemampuan mendalang secara benar.

Sedangkan untuk dalang muda dan mereka yang masih dalam taraf mengembangkan kemampuan, saat ini tercatat ada 25 orang. Mereka berlatih dengan mengikuti arahan dari beberapa dalang senior yang ada.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.