Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Musim Hujan Datang, Pembangunan Drainase di Kudus Dikebut

MURIANEWS.com, Kudus – Pembangunan drainase yang ada di Kabupaten Kudus terus dikebut. Hal ini tidak lepas karena kondisi saat ini sudah memasuki musim hujan. Penambahan personel pekerja hingga jam lembur dilakukan untuk mempercepat pembangunan drainase tersebut.

Kepala Bidang Tata Bangunan dan Drainase Dinas PUPR Kudus Harry Wibowo mengatakan, diakuinya memang saat ini sudah memasuki musim hujan. Untuk mengantisipasi pembangunan drainase, pihaknya berkonsulitasi kepada pelaksana proyek untuk penambahan pekerja atau penambahan jam kerja.

“Kalau antisipasi kita sudah sampaikan kepada pelaksana proyek, bahwa ada percepatan. Solusinya ada bisa ditambah orang atau bisa lembur,” terangnya, Rabu (6/11/2019).

Ia mengatakan, pekerjaan drainase dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara pengecoran di tempat. Serta cara yang kedua model pemasangan dengan box culvert atau gorong-gorong beton.

Hal ini jika, pemasangan menggunakan box culvert tidak masalah meskipun sedangan turun hujan. Hanya, pemasangan dengan pengecoran menjadi masalah atau kendala saat pekerjaannya.

“Sekitar 40 persen dari 81 pekerjaan itu dikerjakan dengan model pemasangan box culvert, selebihnya dilakukan pengecoran di lokasi drainasenya,” ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya meminta semua pelaksana proyek untuk mengantisipasi datangnya musim hujan. Hal ini karena drainase yang sudah dikeduk tentunya akan ada genangan airnya ketika turun hujan.

Ditambahkan dia, hingga kini progres pekerjaan drainase rata-rata sudah mencapai 50 persen. Ditargetkan pekerjaan drainase akan rampung pada tanggal 20 Desember 2019.

“Pertengahan Desember diharapkan sudah rampung semuanya,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...