Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pendaftaran CPNS, Permintaan Kartu Kuning di Kudus Naik Tiga Kali Lipat

MURIANEWS.com, Kudus – Permintaan kartu tanda pencari kerja atau kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus mengalami peningkatan. Peningkatan bahkan mencapai tiga kali lipat dengan rata-rata permintaan mencapai 150 permintaan kartu kuning.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, belakangan terakhir permintaan kartu kuning di Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus mengalami peningkatan. Peningkatan ini menurutnya tidak lepas karena menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Belakangan terakhir mengalami peningkatan,” jelasnya, Rabu (6/11/2019).

Ia mengatakan, setiap hari biasa permintaan kartu kuning sekitar 50 orang. Hanya, belakang terakhir ini permintaan kartu kuning bisa mencapi tiga kalinya. Tepatnya dalam sehari ada sebanyak 150 permintaan kartu kuning.

Sejumlah warga sedang mengurus kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus. (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji).

“Hari biasanya 50 permintaan. Tapi belakangan ini bisa mencapai 150 permintaan dalam seharinya,” lanjutnya.

Menurutnya permintaan kartu kuning didominasi lulusan SMA dan SMK. Namun juga tidak jarang ada yang lulusan Sarjana. Apalagi, menjelang pendaftaran CPNS tahun 2019 ini yang rencananya dibuka tanggal 11 November 2019 mendatang.

“SMA/SMK. Ada juga yang SI,” katanya.

Untuk mendapatkan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja syaratnya mudah. Yakni dengan membawa fotocopy ijasah, fotocopy KTP dan pas foto yang berukuran 3×4 sebanyak dua lembar.

“Itu langsung jadi. Paling kalau nunggu ya seperempat jam (15 menit) saja,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, tingginya permintaan kartu tersebut menurutnya baik. Pasalnya keinginan untuk bekerja di Kudus mengalami peningkatan. Begitu diharapkan akan menurunkan angka pengangguran di Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...