Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Imigrasi Pati Punya Pengawas Orang Asing Hingga Tingkat Kecamatan

0 165

MURIANEWS.com, Pati – Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pati membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kecamatan. Tim ini bertugas mengawasi orang asing di wilayah eks-Karesidenan Pati.

Tim ini terdiri dari berbagai unsur, mulai dari pemerintah, kepolisian, TNI, maupun lembaga terkait lainnya.

Pengukuhan Timpora tingkat kecamatan ini dilakukan Rabu (6/11/2019), oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah, Tarsono di Hotel Safin Pati.

Tarsono mengatakan, keberadaan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia mempunyai berbagai tujuan. Ada yang tujuannya bisnis, kunjungan budaya, pariwisata dan lain sebagainya.

Keberadaan WNA itu memang dibutuhkan. Sehingga, diharapkan keberadaanya dapat memberikan manfaat, baik dari sisi ekonomi maupun budaya.

“Namun, bukan tidak mungkin keberadaan mereka juga membawa dampak negatif. Oleh karena itu, mereka perlu dilakukan pengawasan. Baik dari keberadaan fisik maupun aktivitasnya,” kata Tarsono.

Ia menyebut, keberhasilan melaksanakan tugas pengawasan membutuhkan dukungan dari berbagai instansi untuk bekerja sama dalam rangka penegakan hukum. Hal itu sebagaimana amanat dalam Pasal 69 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Dalam pasal itu dikatakan, untuk melaksanakan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, Menkumham membentuk Timpora yang anggotanya terdiri dari badan atau instansi pemerintah baik pusat maupun di daerah.

“Oleh karena itu, untuk menindak lanjuti amanat undang-undang tersebut dan guna menjamin keberadaan atau kegiatan orang asing di wilayah Indonesia agar tidak disalah gunakan, serta tidak membahayakan keamanan nasional, maka perlu dioptimalkan keberadaan dan peran Timpora ini,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, pembentukan Timpora itu adalah untuk memberikan rasa aman, baik terhadap keberadaan warga negara asing itu sendiri, maupun masyarakat.

“Tugas Timpora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan instansi terkait dalam hal keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.