Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sekda Minta Masyarakat Kudus Tak Buang Sampah di Sungai

MURIANEWS.com, Kudus – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris meminta masyarakat di seputaran hulu sungai atau daerah atas Kudus untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, sampah akan berdampak pada masyarakat di sekitar hilir.

“Ini sudah masuk musim hujan mari menjaga kebersihan bersama,” ucapnya.

Sungai Piji di Desa Kesambi, katanya, menjadi contoh akibat pembuangan sampah daerah hulu dan seputarnya. Hingga kini pun pembersihan masih dilangsungkan. Baik menggunakan tenaga manual maupun alat berat.

“Kami terus lakukan pembersihan dan kami cari solusinya,” kata Sam’ani.

Edukasi serta imbauan pada masyarakat terkait untuk tidak membuang sampah sembarang di sungai pun terus digencarkan. Tak hanya masyarakat hulu saja, masyarakat sekitar bantaran juga digencarkan sosialisasinya.

“Kami tak henti mengedukasi hal ini, semua demi kebaikan bersama,” lanjutnya.

Pada pemerintah desa, Sam’ani juga berpesan agar tidak membangun jembatan desa dengan konstruksi berpilar. Mengingat jika ada aliran dengan sampah, akan tersangkut di pilar dan menghambat aliran air.

“Ini sekedar imbauan saja karena ini kewenangan desa,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PSDA Jawa Tengah Kunarto mengatakan pihaknya akan mengawasi dan memonitoring perkembangan beberapa sungai yang berpotensi limpas. Pihak PSDA pun membantu terkait hal ini

“Kami sudah koordinasi dengan BBWS untuk menurutkan alat beratnya guna membersihkan Sungai Piji,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan,  paska hujan l mengguyur Kabupaten Kudus pada Sabtu (2/11/2019) sore pekan lalu, Sungai Piji di Desa Kesambi terkena dampaknya. Kali tersebut dipenuhi sampah bambu, pohon, sampah plastik dan limbah rumah tangga.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...