Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bea Cukai Jateng Kembali Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal Senilai Miliaran Rupiah di Jalan Tol

0 195

MURIANEWS.com, Semarang – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jateng-DIY kembali menggagalkan pengiriman rokok ilegal melalui jalur tol. Dalam operasi yang digelar pada satu malam saja, yakni 30-31 Oktober 2019 dini hari, tim penindakan berhasil mencegat dua truk pengangkut rokok ilegal di Tol Semarang-Batang dan Tol Pejagan-Pemalang.

Kepala Kanwil Ditjen Bea Cukai (DJBC) Jateng-DIY Parjiya mengatakan, dalam operasi itu tim gabungan yang terdiri dari Bea Cukai bersama KPPBC Semarang dan Pomdam IV/Diponegoro juga menggerebek gudang di Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kendal.

“Dari ketiga lokasi ini didapatkan 3.076.000 batang rokok dengan nilai mencapai Rp 2,2 miliaran. Nilai kerugian negara ditaksir mencapai Rp 1,4 miliar. Operasi ini menggunakan dana hibah dari Pemprov Jateng,” katanya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.com, Selasa (5/11/2019).

Ia menyatakan, sebelumnya pihaknya juga mengamankan rokok ilegal senilai Rp 2,6 miliar. Rokok ilegal ini didapatkan dari penggerebekan di beberapa daerah di Jepara, dan rokok asal Jepara yang dikirim melalui tol Semarang-Batang.

Sementara dalam operasi yang digelar pada akhir Oktober itu menurut Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan DJBC Jateng-DIY, Gatot Sugeng Wibowo, berawal dari informasi masyarakat.

Ia menyatakan, dari hasil laporan itu, pihaknya melakukan penyelidikan. Dan pada 30 Oktober 2019 malam, tim gabungan dikerahkan untuk menggerebek sebuah truk di rest area Tol Semarang-Batang.

“Saat diperiksa, truk itu mengangkut 408.000 batang rokok ilegal bermerek ‘S3’ dan ‘GS’. Rokok-rokok ilegal ini ditempeli “jempel” atau pita cukai palsu,” ujarnya.

Baca: Bea Cukai Sita Rokok Ilegal Senilai Rp 2,6 Miliar dari Jepara dan Tol Batang

Dari penindakan itu, kemudian dikembangkan ke tempat pemuatan asal rokok. Pada malam itu juga tim gabungan bergerak ke Kendal, untuk menggerebek sebuah gudang di Singorojo, Kendal.

Di tempat ini, petugas mengamankan 708.000 batang rokok ilegal dengan merek “SM Bold” tanpa pita cukai.

Operasi dilanjutkan pada dini hari, di mana petugas gabungan kembali mencegat truk di rest area km 294 Tol Pejagan-Pemalang, Suradadi,  Kota Tegal.

”Pada pukul  01.30 WIB 31 Oktober 2019 dini hari, petugas kembali berhasil mengamankan rokok dengan jumlah lebih besar. Yaitu 1.960.000 batang dengan merk “Luffman Classic Mild Bold” tanpa pita cukai,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.