Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Bakal Uji Coba Suplai Beras dari Bulog di Tiga Kecamatan

0 78

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus berencana akan melakukan uji coba suplai pasokan beras dari Bulog di sejumlah warung elektronik yang berfungsi untuk transaksi penerima bantuan pangan nontunai (BPNT). Uji coba tersebut akan dilakukan di tiga kecamatan di Kabupaten Kudus.

Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin Arini Budi Utami menjelaskan, ada ketiga kecamatan yang nantinya akan dilakukan uji coba pasokan beras. Yakni Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Jati, dan Kecamatan Bae.

“Untuk sisanya enam kecematan belum dilakukan uji coba. Artinya beras yang digunakan untuk BPNT masih bebas yang suplai,” jelasnya.

Ia mengatakan, jumlah penerima BPNT yang ada di tiga kecamatan itu mencapai 10 ribu lebih penerima. Kecamatan Kaliwungu dengan jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 4.247 keluarga, Jati sebanyak 3.630 keluarga, dan Bae sebanyak 1.898 keluarga.

“Kita coba atas dasar pedoman konsultasi dengan Plt BupatiKudus sebelumnya,” ucapnya.

Dari hasil rapat, pihak Bulog berjanji akan menyediakan kualitas terbaik untuk menyuplai beras di tiga kecamatan tersebut. Adapun masyarakat kurang mampu pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berhak menerima mulai dari beras hingga telur.

“Berasnya yang akan digunakan untuk memasok e-warung merupakan beras berkualitas seperti halnya di pasaran. Kami juga akan memantau jika berasnya berkualitas kurang bagus. Bisa mengajukan komplain,” bebernya.

Ditambahkan dia, uji coba tersebut akan mulai dilakukan pada bulan Desember 2019 mendatang. Adapun untuk jumlah total penerima manfaat BPNTdi Kabupaten Kudus sebanyak 35.201 keluarga. Jumlah itu tersebar di sembilan kecamatandi Kabupaten Kudus dengan dilayani 141 e-warung yang tersebar di desa-desa.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.