Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Bentuk Tiga Desa Rintisan Pengawas Pemilu 

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 129
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus kembali merintis desa pengawasan pemilu. Hal ini dilakukan untuk bertujuan peran masyarakat pengawasan pemilu sejak kini. Apalagi,tiga tahun mendatang di Kudus bakal ada pemilihan kepala daerah.

Komisioner Bawaslu Kudus Bahrudin menjelaskan, sesuai dengan pasal 104 huruf f Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum disebutkan bahwa bawaslu kabupaten/kota berkewajiban mengembangkan pengawasan pemilu partisipatif.

“Senada dengan amanah undang-undang tentang pemilu tersebut, Bawaslu Kabupaten Kudus melaksanakan program rintisan desa pengawasan pemilu,” jelasnya, Selasa (5/11/2019).

Ia menyebutkan pada bulan November 2019 ini, Bawaslu Kudus bekerjasama dengan 3 desa yang akan menjadi rintisan desa pengawasan pemilu. Di antaranya Desa Kaliputu Kecamatan Kota, Desa Papringan Kecamatan Kaliwungu, dan Desa Jepang Kecamatan Mejobo.

“Kami akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembelajaran demokrasi serta pengetahuan tentang pentingnya partisipasi pengawasan masyarakat dalam pemilu,” bebernya.

Lebih lanjut, Desa pengawasan adalah desa dengan karakter masyarakat yang memiliki kesadaran penuh terciptanya pemilu yang demokratis. Selain itu juga mampu menekan potensi pelanggaran pemilu dengan pendekatan pencegahan dan penindakan.

“Serta berpartisipasi ikut mengawasi dan melaporkan dugaan pelanggaran di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Dengan begitu,  pengawasan partisipatif yang dilakukan untuk memujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi. Pengawasan juga menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat pemilih.

“Melalui rintisan desa pengawasan ini nantinya diharapkan tumbuh kader-kader pengawas partisipatif, kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi semakin meningkat. Terutama dalam partisipasi pengawasan pemilu di Kudus ke depan,” harapnya.

Sementara itu Suyadi selaku Kepala Desa Kaliputu, Kecamatan Kota menyambut baik kerjasama dengan Bawaslu Kudus dalam pembentukan rintisan desa pengawas pemilu tersebut.

“Kami berharap sosialisasi pembentukan desa pengawas pemilu ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.