Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Bocorkan Ilmu Cerewet untuk Tarik Wisatawan

0 487

MURIANEWS.com, Pati – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memberikan kisi-kisi agar objek wisata di Pati, terutama di Gua Pancur cepat dikenal banyak orang. Selain membutuhkan promosi yang intens, pengelolaaannya juga harus matang.

Selain itu menurut Ganjar, pengelola juga harus punya ilmu cerewet untuk mempromosikan itu semua. Menurutnya, ilmu cerewet itu sudah terbukti di Kabupaten Banyuwangi.

“Dulunya, Banyuwangi itu kota miskin. Tapi saat ini, pertumbuhan ekonominya sangat bagus. Itu semua karena parisiwata,” katanya saat mengunjungi Gua Pancur, Senin (4/11/2019).

Lebih lanjut, apa yang dilakukan warga Banyuwangi adalah dengan menggunakan ilmu cerewet. Mereka banyak promosi di berbagai media sosial, bahkan ada juga yang membuat konten video untuk mengabadikan momen-momen penting.

“Dari pada kita nyinyir tanggane, ngelek-elek (menjelekkan) bupatine, gubernure, camate, kadese, lebih baik sekarang kita bawa energinya untuk mempromosikan pariwisata,” ujarnya.

Baca: Kunjungi Gua Pancur, Ganjar Minta Penanganan Sampah Dibenahi

Dia juga berpesan agar pengelolaan pariwisata benar-benar dikerjakan dengan baik. Bahkan jika perlu, masing-masing bidang harus mempunyai tenaga ahli.

“Misalnya bagian pembangunan ada sendiri, desain taman ada sendiri. Lakukan secara bertahap dengan kesungguhan, sehingga perlahan objek wisatanya semakin besar,” terangnya.

Dia juga menambahkan agar setiap objek wisata mempunyai nilai sejarah. Sebab, saat ini banyak warga dunia yang melakukan penelitian tentang wisata yang ada nilai sejarahnya.

“Di Gua Pancur ini kan ada sejarahnya. Nah, itu bisa digali dan kemudian jadi bahan promosi. Nanti perlahan ada banyak pengunjung,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.