Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Ajak Relawan Ikuti Pengawasan Partisipatif

0 52

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus terus menunjukan eksistensinya. Kali ini Bawaslu Kudus menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama dengan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kudus, Minggu (3/11/2019) malam.

Rif’an selaku Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubal Bawaslu Kudus mengatakan, kegiatan ini banyak sekali nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya. Karena peran pengawasan selama Pemilu tidak hanya dibebankan kepada Bawaslu saja. Akan tetapi masyarakat juga termasuk relawan bisa terlibat aktif dalam melakukan pengawas partisipatif.

“Sesuai yang diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dalam menjalankan fungsi pengawasan Pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat ” jelasnya.

Ia mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong pemilu pada tahun 2023 mendatang. Oleh karena itu, Bawaslu Kudus bertekad Pemilu ke depan harus lebih baik dari Pemilu sebelumnya.

“Khususnya dalam hal pengawasan,” jelasnya.

Sementara itu, Bergas C. Penanggulangan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus menyampaikan rasa terima kasih kepada Bawaslu Kudus. Hal ini karena, peran relawan juga diajak untuk melakukan pengawasan partisipatif.

“Terima kasih kepada Bawaslu Kudus atas penyelenggaraan sosisalisasi ini. Harapan Kami, nanti peserta bisa khusuk, meresapi, merenungkan, syukur-syukur bisa kita laksanakan Pengawasan Partisipatif ini,” jelasnya.

Bergas tidak lupa mengingatkan kepada relawan, bahwa musim hujan sudah tiba. Oleh sebab itu, pihaknya mengingatkan kepada warga agar mengantisipasi ancaman bencana yang terjadi.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dimulai pada pukul 19.30 WIB. Walaupun berkonsep sederhana, tapi selama kegiatan peserta nampak antusias mengikuti materi sosialisasi dan acara pun berlangsung lancar.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.