Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Pramuka di Grobogan Dilatih Olah Sampah Plastik Jadi Barang Serbaguna

MURIANEWS.com, Grobogan – Sebuah materi baru diberikan pada kegiatan Pelatihan Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan tahun 2019. Yakni, pelatihan ekobrik yang merupakan salah satu metode pengolahan limbah sampah plastik menjadi barang serbaguna. Antara lain, kursi, meja, bata, bahkan untuk bahan bangunan rumah.

“Pelatihan ekobrik diberikan oleh rekan dari Kwarda Jateng Eko Gustini Wardani Pramukawati dan Lantip Waspodo dari PT Marimas Semarang. Pelatihan ekobrik ini baru pertama kali kita berikan pada adik-adik Pramuka Peduli,” kata Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan Lulun Surono, Sabtu (2/11/2019).

Menurutnya, sampai saat ini, sampah masih menjadi persoalan krusial yang dialami hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah plastik.

Di mana, plastik merupakan bahan yang erat dengan kehidupan manusia. Mulai dari pembungkus makanan hingga peralatan rumah tangga. Di sisi lain, plastik adalah bahan yang sangat sulit terurai oleh alam sehingga dalam jangka panjang akan menimbulkan persoalan lingkungan.

“Dari kondisi inilah, kita mengadakan pelatihan ekobrik ini untuk mengedukasi anggota Pramuka Peduli agar bisa memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat. Pelatihan ekobrik ini saya kira sangat tepat karena mudah dan murah,” sambungnya.

Lulun menyatakan, kegiatan pelatihan Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan yang diikuti 65 orang itu dilangsungkan selama tiga hari. Yakni, mulai Jumat kemarin hingga Minggu (3/11/2019) besok.

Selain ekobrik, ada beberapa materi lainnya yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Antara lain, pelatihan pemadaman kebakaran, lalu lintas, penanggulangan bencana, dan komunikasi radio.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...