Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masuk Musim Hujan, Dinas PKPLH Imbau Masyarakat Buat Resapan dan Bersihkan Saluran Air

MURIANEWS.com, Kudus – Masuki awal musim hujan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) mengimbau pada seluruh masyarakat Kudus yang memiliki area pekarangan untuk membuat lubang resapan atau biopori. Hal itu digunakan untuk mencegah terjadinya genangan di seputaran rumah apabila hujan deras melanda Kota Kretek.

“Supaya tidak ada genangan, dan juga bisa digunakan untuk membuat pupuk kompos,” ucap Kepala Dinas PKPLH Kudus Agung Karyanto.

Selain membuat resapan, masyarakat juga diimbau untuk membersihkan sampah yang berada di saluran air di dekat rumahnya. Dengan harapan, jika hujan turun, air bisa mengalir lancar dan tidak tersumbat.

“Sehingga bisa membeludak dan akhirnya ada genangan atau banjir,” katanya.

Sedang untuk mempersiapkan musim hujan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya perimbasan pada pohon-pohon kota yang dirasa berpotensi ambruk jika angin kencang dibarengi hujan menerpa.

“Ada di sejumlah titik, utamanya di jalan-jalan protokol dan berdekatan dengan fasilitas umum seperti Jalan Pemuda dan seputaran GOR Kudus,” ucapnya.

Penyiapan para tenaga kebersihan juga telah dilakukan. Mereka diminta untuk lebih responsif lagi serta lebih cepat dalam mengambil sampah-sampah yang telah dikumpulkan masyarakat. Dengan harapan, sampah tidak terkena hujan terlalu lama dan menjadi sumber penyakit.

“Kami sudah siagakan, mereka siap untuk ini,” katanya.

Hanya, Agung berharap masyarakat juga bisa lebih peduli terhadap lingkungan. Terutama kebiasaan membuang sampah sembarangan. “Di kali terutama, sayang jika dikotori lagi, dulu pernah dibersihkan,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...