Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Industri Batik Diharap Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Baru di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Industri batik Jepara yang belakangan semakin berkembang, diharapkan bisa menjadi kekuatan ekonomi baru di Jepara.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, Pemerintah Kabupaten Jepara bangga dengan usaha-usaha yang telah dirintis oleh para pelaku usaha batik di Jepara. Saat ini batik Jepara sudah mulai dikenal di berbagai tempat.

Seiring dengan waktu pihaknya berharap, usaha pengembangan batik Jepara ini bisa terus dikembangkan. Para perajin batik Jepara yang tergabung dalam Paguyuban Batik Biyung Pralodo, Jepara, diharapkan juga bisa terus mengembangkan kreativitasnya.

“Kami berharap industri batik Jepara bisa menjadi penopang baru ekonomi daerah dan masyarakat. Itu bisa terjadi kalau berkembang dengan baik. Ikutilah selera pasar tanpa mengesampingkan patron lokal yang ada,” kata Dian Kristiandi, Sabtu (2/11/2019).

Sejarah batik di Jepara disebutnya sempat mengalami kehilangan mata rantai. Batik Jepara yang dikenalkan oleh RA Kartini ke pelosok penjuru dunia bersama mebel, sempat hilang di Jepara.

Namun melalui para tokoh batik Jepara, yang saat ini tergabung dalam Paguyuban Batik Biyung Pralodo, kini mata rantai itu bisa disambung kembali.

Batik Jepara, kini pelan namun pasti mulai tumbuh dan menjadi salah satu produk khas Kabupaten Jepara. Usaha ini tentu saja sangat diapresiasi dan didukung penuh oleh Pemkab Jepara.

“Terima kasih untuk para pelaku usaha batik, yang telah mampu merintis kembali seni batik Jepara, hingga berada dalam posisi seperti sekarang ini,” tambah Dian Kristiandi.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...