Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara: Substansi Pemilu Tak Hanya Pemungutan Suara

0 28

MURIANEWS.com, Jepara – Pemilu seharusnya tidak dimaknai selesai pada pemungutan suara. Pada tahapan selanjutnya, masih banyak hal yang seharusnya dicermati dan terus dikawal.

Pernyataan ini dilontarkan oleh Komisioner KPU Jepara, Muhammadun, saat berkunjung ke sekretariat PWI Jepara, Jumat (1/11/2019). Menurutnya, pihak-pihak seperti Parpol, kelompok masyarakat, pemerintah atau media sekalipun, kadang sudah berhenti tahapan pemungutan suara saja.

Padahal menurutnya, substansi Pemilu seharusnya tidak hanya berhenti pada tahapan itu saja. Masih banyak yang harus dicermati dan terus dikawal dari proses tahapan Pemilu. Usai Pemilu juga merupakan tahapan yang juga harus tetap dicermati oleh semua pihak.

“Subtansi Pemilu tidak hanya berhenti pada tahap pemungutan suara. Namun hasil Pemilu juga harus terus dikawal oleh semua elemen yang terkait. Justru menurut saya, pada tahapan inilah yang sebenarnya sangat subtansial dan penting berkaitan dengan tujuan dilaksanakannya Pemilu,” ujarnya.

Hasil-hasil Pemilu, seperti soal keberadaan wakil rakyat yang terpilih juga perlu mendapatkan pengawalan. Bagaimana mereka bekerja dan melaksanakan tugas-tugasnya, harus mendapatkan perhatian.

Sehingga tujuan Pemilu secara subtansial bisa terus dikawal, dan benar-benar memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat.

KPU Jepara berkunjung ke Sekretariat PWI Kabupaten Jepara, dalam rangka menyerahkan buku hasil Pemilu 2019 di Jepara. Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang dilakukan KPU Jepara pasca selesainya Pemilu 2019.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie hadir bersama tiga orang komisioner , masing-masing Muhammadun, Siti Wahidatun dan Ris Andy Kusuma. Secara langsung Subchan Zuhrie menyerahkan buku berukuran besar tersebut ke PWI Jepara.

“Buku ini berisi data-data hasil Pemilu 2019 di Jepara. Mudah-mudahan bisa menjadi sumber referensi mengenai Pemilu 2019 di Jepara. Beberapa pihak juga kami berikan, semoga bisa memberi manfaat,” ujar Subchan Zuhrie.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.