Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Kecurangan, Komisi A DPRD Kudus Siap Sidak Tiga Hari Tiga Malam

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi A DPRD Kudus bakal malakukan sidak selama tiga hari tiga malam saat menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 19 November 2019 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan saat pilkades nantinya. Wakil rakyat ini juga berharap agar politik uang kalau bisa ditiadakan.

Ketua Komisi A DPRD Kudus Nur Hudi mengatakan, dalam sidak nanti, semua anggota DPRD Kudus yang ada di Komisi A akan turun di 116 desa.

“Satu anggota bisa 10-12 desa. Dan insya Allah akan melakukan sidak tiga hari tiga malam sebelum pelaksanaan Pilkades pada 19 November 2019 mendatang,” jelasnya.

Ia mengatakan, pihaknya masih melakukan pemetaan desa-desa yang dikategorikan rawan. Hanya, ia mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Diperkirakan setelah adanya masa kampanye, desa yang dikategorikan rawan akan diketahui.

“Indikasi yang mencolok nantinya ketika masa kampanye. Baru itu diketahui, desa mana yang rawan,” jelasnya.

Dengan demikian, antisipasi kecurangan dan politik uang bisa dihindari. Pihaknya berharap agar politik uang ditiadakan saat pilkades mendatang.

“Harapannya, ini kan mencari sosok yang terbaik. Terkait dengan politik uang kalau bisa ditiadakan,” tegasnya.

Terkait dengan keamanan, Komisi A DPRD Kudus juga sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak. Mulai dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, dan Satpol PP Kabupaten Kudus.

“Nanti juga bersama pihak pengamanan akan melakukan sidak bersama,” pungkasnya.

Seperti di ketahui, di Kudus tahun ini ada sebanyak 116 desa yang ada di sembilan kecamatan melaksanakan Pilkades. Pelaksanaan pilkades akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2019 mendatang.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...