Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penetapan Nomor Urut Calon Kades di Desa Temulus Kudus Diwarnai Keributan

0 1.298

MURIANEWS.com, Kudus – Tahap penetapan calon kepala desa (Kades) serta penandatanganan pakta integritas di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kudus diwarnai aksi keributan. Penetapannya sendiri, dilakukan di kantor balai desa setempat, Jumat (1/11/2019).

Keributan, tejadi ketika panitia pemilih (Panlih) mulai melakukan pengundian nomor urut pasca dibacakannya surat keputusan dan tata tertib pelaksanaan pengudian nomor urut oleh ketua panlih.

Plt Kepala Desa Temulus, Heni Hermawati mengatakan jika keributan memang sempat terjadi karena adanya miss komunikasi antarcalon kepala desa dan tim pendukungnya. Heni menyebut, ada salah satu calon yang mencurigai panlih terkait pengundian tersebut.

“Salah satu calon mencurigai adanya kongkalikong antara panlih dan calon lainnya terkait nomor urut,” ucapnya usai ditemui pasca pelaksanaan pengundian.

Padahal, dalam tata tertib pengundian nomor urut, pendaftar pertama dipersilahkan untuk mengambil undian terlebih dahulu. “Hal inilah yang tidak disepakati dan dipermasalahkan oleh salah satu calon,” lanjutnya.

Heni menambahkan, Panlih pun kemudian mengalah dan membuat nomor lintingan baru. Pembuatannya pun disaksikan secara langsung oleh jajaran muspika dan kedua calon kepala desa.

“Kami akhirnya membuat baru,” terangnya.

Baca Juga:

Pihaknya pun berharap baik pada calon kepala desa maupun para simpatisannya bisa berkampanye secara kondusif. Dengan harapan, ketika pelaksanan Pilkades pada 19 November mendatang berlangsung, tidak ada kericuhan terjadi.

“Yang kondusif yang tertib,” terangnya.

Sementara Ketua Panlih Pilkades Temulus Sofi’i menyebut jika kedua calon telah sepakat dengan pengundian nomor urut calon kades. Untuk nomor urut satu adalah, Purwati. Sedang nomor urut dua Suharto.

“Administrasi kedua calon sudah lengkap dan persyaratan yang harus dilengkapi juga sudah dikumpulkan,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.