Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wabup Blora Cek Pembangunan Gudang Pembuatan Pakan Ternak Bantuan Kemendesa PDTT

MURIANEWS.com, Blora – Guna memastikan kualitas bangunan dan capaian pelaksanaan proyek, Wakil Bupati Blora Arief Rohman melakukan pengecekan pembangunan gudang pembuatan pakan ternak (konsentrat) di Desa Blungun, Kecamatan Jepon. Pembangunan gudang pembuatan pakan ternak ini merupakan bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) tahun 2019.

Bantuan dari Kemendesa PDTT ini disalurkan melalui program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL). Pembangunan gudang pembuatan pakan ternak berukuran 25 meter x 10 meter dengan seluruh kelengkapan di dalamnya, dibiayai oleh Kemendesa PDTT dengan anggaran Rp 375 juta.

“Saya bersama Pak Kadis PMD, Kadis Peternakan dan Perikanan, dan Camat Jepon, datang untuk meninjau capaian proyek bantuan Kemendesa PDTT di Desa Blungun. Alhamdulillah, sebagian besar sudah selesai dan siap diresmikan,” kata Arief Rohman, Kamis (31/10/2019).

Arief menginginkan agar gudang pembuatan pakan ternak ini nantinya bisa dikelola bersama oleh para peternak sapi di Desa Blungun dalam naungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Kedepan gudang pembuatan pakan ternak ini tidak hanya menghasilkan konsentrat untuk peternakan sapi di Desa Blungun saja.

“Kita harapkan produksi konsentrat nantinya bisa untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi di luar Desa Blungun. Seperti diketahui, Blora merupakan lumbung sapi di Jawa Tengah, sehingga pembuatan konsentrat sangat prospektif untuk dikembangkan,” jelasnya sebelum melanjutkan kenjungan ke kandang sapi komunal yang dikelola oleh kelompok peternak setempat.

Terpisah, Kepala Desa Blungun Kiswanto mengucapkan terimakasih atas bantuan pembangunan gudang pembuatan pakan ternak ini. Pihaknya berharap para peternak di desanya bisa diberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan konsentrat sehingga dari sisi SDM nya juga siap untuk menjalankan usaha tersebut.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...