Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

MUI Akan Bangun Rumah Mualaf di Kabupaten Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Sebagai program pertama usai dilantik sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jepara periode 2014-2019, KH Mashudi menyatakan akan membangun Rumah Mualaf di Kabupaten Jepara.

Rumah ini sebagai tempat untuk memberikan bimbingan dan pembinaan bagi seseorang yang baru masuk Islam, agar bisa mejalankan keislaman secara baik dan benar.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Jepara Mashudi, usai dilantik Kamis (31/10/2019). Sebagai percontohan, rumah mualaf ini akan dibangun di Kecamatan Mlonggo. Ia menyebut, di daerah itu banyak mualaf.

Selain di Kecamatan Mlonggo, Rumah Mualaf ini juga akan dibangun di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jepara. Diharapkan, rumah mualaf ini akan menjadi pusat untuk pengentasan ekonomi dan memperkokoh akidah Islam.

Selain pembangunan Rumah Mualaf, Mashudi juga akan mengusung peningkatan ukhuwah Islamiyah.

“Dengan rumah mualaf ini juga agar MUI tahu, berapa jumlah dan perkembangan mualaf di Kota Ukir. Sedangkan untuk Ukhuwah ini bukan hanya diucapkan secara lisan tetapi ukhuwah harus dibuktikan dalam prilaku keseharian. Kami akan mencoba meningkatkannya,” katanya.

Sedangkan Ketua MUI Jawa Tengah KH Ahmad Daroji menyambut baik Rumah Mualaf ini. Ia berharap kepada para pengurus MUI, untuk bisa menelurkan ide-ide dan gagasan kreatif untuk masyarakat di Kabupaten Jepara.

“Jangan monoton, perlu kerja cepat seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta agar MUI Jepara bisa benar-benar menjadi rumah besar bagi umat Islam di Jepara. MUI juga diminta bisa menjaga kerukunan kelompok-kelompok muslim yang ada.

Kristiandi juga menyampaikan, Pemkab Jepara akan membantu pembangunan Kantor MUI Jepara yang akan dibangun di sebelah Masjid Agung Jepara mulau tahun 2020. Gedung dua lantai ini, rencananya akan berfungsi sebagai Islamic Center di Kabupaten Jepara.

Diharapkan gedung baru ini nantinya akan menjadi etalase keberagaman warga masyarakat. Baik dari sisi budaya dan latar belakang warga muslim yang saling menghormati.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...