Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinas Pendidikan Grobogan Kembali Gelar Pameran dan Festival Literasi di Alun-Alun Purwodadi

0 375

MURIANEWS.com, GroboganDinas Pendidikan Grobogan kembali menggelar pameran dan festival literasi yang ditempatkan di Alun-alun Purwodadi. Pameran dan festival literasi edisi kedua ini dibuka langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Selasa (29/10/2019).

Pembukaan pameran dan festival literasi berlangsung meriah serta dihadiri ratusan orang dari berbagai kecamatan. Sebagian besar pengunjung ini bahkan sudah memadati lokasi, sebelum acara dibuka.

Berbagai hiburan juga disuguhkan untuk menyemarakkan acara pembukaan. Antara lain, pentas tari, dan batik karnival.

Kadinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat menyatakan, festival ini rencananya akan digelar selama empat hari hingga Jumat (1/11/2019) mendatang. Dalam kegiatan ini, terdapat 34 stand. Terdiri 19 stand jenjang SD dari 19 kecamatan, 10 stand jenjang SMP dan lima stand umum. Kemudian, ada stand Asosiasi Guru Penulis Grobogan yang diisi buku-buku hasil karya para guru.

Selain pameran hasil karya, dalam kegiatan ini juga digelar berbagai lomba. Seperti lomba karawitan, geguritan, menulis cerita rakyat, dan pentas seni.

Puluhan pengunjung memadati pembukaan pameran dan festival literasi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Grobogan di Alun-alun Purwodadi, Selasa (29/10/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Amin menyatakan, Grobogan sudah dicanangkan sebagai kabupaten literasi sejak tahun 2016 lalu. Guna memajukan gerakan literasi di Grobogan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya.

Pada tahun 2018, pihaknya menggelar Workshop Gerakan Literasi Sekolah pada bulan Februari. Kemudian, pada bulan Agustus dilangsungkan workshop ‘Satu Guru Satu Buku’ (Sagusabu) dan workshop ‘Literasi Asyik Mendesain Peta Cerita (Enikki) bulan Oktober. Selanjutnya, menggelar pameran dan festival literasi edisi pertama pada bulan November.

Masih dikatakan Amin, pada tahun 2019 juga ada beragam kegiatan yang digelar  berkaitan dengan masalah literasi. Antara lain, workshop ‘Satu Guru Satu Buku’ (Sagusabu) edisi kedua dan workshop ‘Satu Siswa Satu Buku’ (Sasisabu). Kemudian, pihaknya juga mengadakan anugerah literasi serta workshop literasi digital.

“Puncaknya, kita bikin pameran dan festival literasi kedua pada bulan Oktober ini. Jadi, kegiatan ini sudah kita langsungkan dua kali ini,” kata peraih penghargaan tokoh penggerak literasi nasional tahun 2018 dari Media Guru itu.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi acara pameran dan festival literasi tersebut. Ia mengaku sangat senang dan bangga dengan hasil karya yang ditampilkan oleh para peserta pameran dan festival literasi tersebut.

“Sangat kreatif dan inovatif. Untuk memajukan literasi memang harus punya kreatifitas seperti ini. Kegiatan seperti ini patut kita apresiasi,” katanya. (NAP)

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.