Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Geger! Nisan di Kuburan Jepuro Pati Tiba-Tiba Terbakar dan Keluarkan Bau Menyan

MURIANEWS.com, Pati- Warga di Desa Jepuro, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, dibuat geger dengan peristiwa nisan yang tiba-tiba mengeluarkan api. Peristiwa itu terjadi di tempat pemakaman umum (TPU) desa setempat.

Peristiwa yang terjadi pada Senin (28/10/2019) itu hingga kini masih jadi pembicaraan warga. Pasalnya, saat kejadian api tiba-tiba muncul dari salah satu nisan di kuburan itu.

Padahal saat itu, di sekitar lokasi tidak ada aktivitas warga yang melakukan pembakaran. Yang membuat warga heran, aroma asap yang muncul dari api itu seperti menyan yang terbakar.

Salah seorang warga yang mengetahui kejadian itu, Umbardi mengaku, penyebab nisan mengeluarkan api itu tidak diketahui secara pasti.

Umbardi pun mengaku sebelumnya diberitahu oleh temannya yang kebetulan bekerja di dekat kompleks pemakaman itu.

“Saat itu saya mengasah gergaji, teman saya Sutaji melihat asap mengepul di nisan makam yang terbuat dari kayu. Selanjutnya nisanya terbakar, bau asapnya seperti bau menyan,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (29/10/2019).

Melihat itu, Umbardi bersama dengan sejumlah temannya memutuskan untuk tidak memadamkan api tersebut. Tetapi, pihaknya memberi tahu tokoh masyarakat setempat agar mengetahui kejadian itu.

“Saat kejadian, saya sudah merekam nisan yang terbakar itu. Sehingga nantinya bisa menjadi bukti,” ujarnya.

Setelah itu, warga dan tokoh masyarakat memutuskan nisan yang terbakar tersebut disiram air. Sehingga saat itu apinya langsung padam.

Namun keanehan kembali muncul. Saat video rekaman nisan terbakar itu diunggah di media sosial dan viral, ada warga Desa Kedungpancing, Kecamatan Juwana yang penasaran dan datang ke lokasi kejadian.

Api yang semula sudah padam, tiba-tiba menyala lagi. Warga yang menyaksikan pun kembali heran. Sebab, sebelumnya api sudah dipadamkan menggunakan air.

“Benar, terbakar lagi sebelum waktu salat Dhuhur. Jadi dua kali terbakar, terus kami siram lagi dan juga kami cek di nisan tersebut tidak ada bekas dibakar, bau asapnya masih bau menyan,” ungkapnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab nisan terbakar itu. Namun warga menduga, sebelumnya ada pihak yang berziarah dan menaruh menyan yang dibakar di dekat nisan, dan karena cuaca yang panas menyebabkan nisan ikut terbakar.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...