Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.626 Orang Kecelakaan di Pati, Jasa Raharja Keluarkan Santunan Rp 17,6 Miliar

0 136

MURIANEWS.com, Pati- Sampai saat ini, PT Jasa Raharja sudah mengeluarkan dana sebanyak Rp 56,3 miliar untuk klaim korban kecelakaan lalu lintas di eks-Karesidenan Pati. Jumlah tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan klaim tahun lalu yakni Rp 53,2 miliar dengan periode yang sama.

Penanggungjawab Teknik PT Jasa Raharja Cabang Pati Muhammad Hasbi mengatakan, data tersebut dimungkinkan bisa berubah. Lantraan untuk hari ini saja, ada 42 klaim yang sudah siap untuk dibayarkan.

“Jumlah tersebut untuk seluruh eks-Karesidenan Pati. Sementara khusus untuk Pati sendiri klaim yang sudah dibayarkan sebanyak Rp 17,6 miliar,” katanya, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, pemberian santunan Jasa Raharja itu sesuai Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang serta Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga. Ditambah dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Ia menyebut, saat ini Jasa Raharja tidak bisa memberikan bantuan secara tunai. Kecuali untuk korban kecelakaan yang meninggal dunia.

“Untuk yang luka-luka dan dirawat di rumah sakit, biaya pengobatan bisa ditanggung oleh Jasa Raharja paling banyak Rp 20 juta,” ujarnya.

Ia memaparkan, untuk tingkat klaim Jasa Raharja sendiri tahun ini tergolong tinggi. Tercatat, ada 4.261 korban kecelakaan lalu lintas dari kurun waktu 1 Januari hingga 28 Oktober 2019 di eks-Karesidenan Pati.

Dari data itu, korban yang meninggal sebanyak 508 orang dan luka-luka sebanyak 3.753 orang.

Sedangkan khusus korban kecelakaan lalu lintas yang ada di Pati sebanyak 1.626 korban. Yang meninggal sebanyak 168 orang dan luka-luka 1.458 orang.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.