Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

53 Desa di Kudus Belum Cairkan Bantuan Keuangan Pilkades dari Pemkab

0 156

MURIANEWS.com, Kudus – Pencairan bantuan keuangan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 116 desa hingga kini baru 63 desa yang mencairkan. Artinya masih ada 53 desa peserta pilkades yang belum mencairkan bantuan keuangan tersebut.

Padahal pelaksanaan pilkades di Kudus tahun 2019 bakal segera diselenggarakan, tepatnya pada 19 November 2019 mendatang.

“Dari pemerintah telah menganggarkan dana dari APBD untuk bantuan keuangan pilkades sebesar Rp 9,28 miliar,” kata Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Arif Suwanto saat ditemui di kantornya, Selasa (29/10/2019).

Ia mengatakan, bantuan keuangan itu diberikan dengan besaran yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari masing-masing desa. Dari jumlah DPT itu, Desa Kauman, Kecamatan Kota menjadi Desa yang paling kecil besarannya. Sedangkan untuk Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae mendapatkan bantuan keuangan yang paling besar.

“Desa Kauman itu sebesar Rp 5,169 juta. Sedangkan Gondangmanis mendapatkan Rp 187,774 juta,” paparnya.

Ia menjelaskan, bantuan keuangan itu nantinya digunakan untuk kebutuhan pilkades serentak pada tahun 2019 di Kudus. Mulai dari pengadaan surat suara, kota suara, kelengkapan peralatan, honor panitia, dan juga biaya pelantikan.

Oleh karena itu, pihakya mengimbau kepada desa peserta pemilu untuk segera mencairkan bantuan keuangan pilkades tersebut. Jangan sampai tidak mencairkan dana bantuan itu. Karena pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 ini tinggal beberapa pekan lagi.

“Untuk sesegara mungkin lah. Karena pelaksanaan pilkades ini sudah masuk tahapan,” tandasnya.

Seperti yang diketahui, Pilkades di Kudus tahun ini ada sebanyak 116 desa di sembilan kecamatan di Kudus melaksanakan pilkades serentak. Pelaksanaan pilkades akan digelara pada tanggal 19 November 2019 atau hari Selasa pon.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.