Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masyarakat Desa Rawan Bencana di Kudus Dibekali Cara Penanganan Kebencanaan

0 46

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 40 perwakilan masayarakat desa rawan bencana di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, dibekali pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM). Pelatihan, digelar oleh PMI Kudus, di aula PMI, Selasa (29/10/2019) pagi.

Sekretaris PMI Kabupaten Kudus Imam Santosa menyebutkan, selain perwakilan masyarakat desa yang berpotensi rawan bencana, masyarakat dengan daerah aman juga dilibatkan dalam pelatihan tersebut.

“Tidak hanya dari desa yang rawan bencana saja, tapi juga dalam taraf aman,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pelatihan KBBM ini dilakukan guna mendidik warga desa untuk siap siaga terhadap bencana yang mungkin terjadi setiap saat. Terutama jika desa di daerahnya sedang mengalami bencana yang membutuhkan penanganan cepat.

“Ini untuk menyiapkan masyarakat dalam hal kesiapsiagaan dalam hal penanganan bencana,”lanjutnya.

Ia pun berharap, para peserta bisa menjadi pelopor ataupun kepanjangan tangan dari PMI dalam hal penanganan kebencanaan. Cepat tanggap dalam menyikapi bencana adalah tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini.

“Jadi jika nanti ada bencana, bisa diteruskan ke kami sebagai induknya,”  kata Imam.

Bentuk pelatihan sendiri akan mengedepankan respon kesiapsiagaan saat terjadi bencana. Serta bagaimana cara menangani pasca terjadi bencana, hingga evakuasi masyarakat.

“Seperti trauma healing dan bagaimana tanggap bencana,” ucapnya.

Untuk narasumber, pihaknya menggandeng dari beberapa instansi. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus dan tentunya dari PMI Kudus sendiri.

“Kami harap dengan adanya ini masyarakat bisa tangguh dan sadar bencana,” terang Imam.

Sementara Ketua BPBD Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, dalam pelatihan nanti, pihaknya akan mencoba mengubah mindset masyarakat secara umum. Terkait penanggulangan bencana secara swadaya.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat soal kesiapsiagaan bencana, harapannya ini bisa meningkat,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.