Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Rintis Tiga Desa Antipolitik Uang

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kudus merintis tiga desa di Kudus sebagai desa antipolitik uang. Langkah itu sebagai upaya untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan menyebutkan tiga desa tersebut adalah Desa Lau dan Desa Piji Kecamatan Dawe. Serta satu desa di Kecamatan Jekulo yakni desa Jekulo.

“Kami akan memberikan pembelajaran demokrasi kepada masyarakat,” ujar Minan saat membuka sosialisas pembentukan desa anti politik uang di Desa Lau Kecamatan Dawe, Senin (28/10/2019) malam.

Ia mengatakan, memang pemilihan umum (pemilu) di Kudus sudah selesai. Baik pemilihan kepala daerah hingga pemilihan presiden. Meskipun demikian, Bawaslu Kudus merupakan lembaga yang permanen. Keberadaaan harus ada. Bawaslu merupakan lembaga mengawasi pelaksanaan pemilu.

“Bawaslu punya tugas melaksanakan tugas kepada masyarakat. Yakni memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat. Salah satunya membentuk desa anti politik uang,” terangnya.

Lebih lanjut, melalui desa anti politik uang ini nantinya mengajak untuk masyarakat pengawas partisipatif. Melalui desa anti politik, baik dari Bawaslu dan Masyarakat bersama-sama belajar untuk memahami apa itu demokrasi. Terutama untuk menolak politik uang.

“Memang politik uang itu sulit. Tapi harus sejak diri sendiri untuk melakukan menolak politik uang,” jelasnya.

Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat mengubah cara berpikir masyarakat. Baik pembelajaran karakter untuk demokrasi dan pelaksanaan pemilu di Kudus ke depan.

Sementara itu M Sahlan Koordinator Desa Anti Politik Uang di Desa Lau Kecamatan Dawe mengucapkan, menyambut baik rintisan desa anti politik uang tersebut. Terlebih desa anti politik uang bisa mengetahui tentang politik uang.

“Agar menciptakan demokrasi yang bersih dari politik uang,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...