Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pawai Seribu Pemuda Meriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Blora

MURIANEWS.com, Blora – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 di Kabupaten Blora berlangsung berbeda dari biasanya dan tampak lebih bermakna, Senin (28/10/2019). Jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya diisi dengan kegiatan upacara bendera, kali ini ada sejumlah kegiatan yang diselenggarakan Pemkab dengan menggandeng seluruh organisasi kepemudaan dan pihak terkait lainnya.

Salah satu kegiatannya adalah pawai pemuda yang digelar usai upacara bendera. Setidaknya ada seribu pemuda dari berbagai sekolah, kampus dan organisasi yang tampil dengan beragam pertunjukan seni budaya.

Dalam pawai ini, penampilan tim SMA Katolik Wijaya Kusuma paling menarik perhatian penonton. Di mana, ada puluhan pelajar dari Papua, NTT, dan Kalimantan yang menampilkan atraksi tari sajojo secara massal.

Selain itu, ada juga yang menampilkan seni barongan, gerak dan lagu, drumband, kostum bamboo carnival, tari jaranan, dan lainnya. Pawai Pemuda yang diawali dengan atraksi Marchingband Yonif 410/Alugoro tersebut, dilepas Bupati Blora Djoko Nugroho dari alun-alun.

Dari alun-alun, peserta pawai melintasi jalan Pemuda-jalan Gunung Lawu-jalan dr Sutomo-jalan Kartini dan kembali ke alun-alun.

“Di tengah santernya konflik di Papua, dan isu radikalisme, kita ingin menunjukkan bahwa Blora tetap aman dan nyaman. Pemudanya tetap bersatu dan bersama-sama siap berkarya untuk masa depan yang lebih baik. Oleh sebab itu, peringatan Sumpah Pemuda ini kita kemas beda. Agar anak-anak muda juga ikut memaknai arti penting dan sejarah Sumpah Pemuda,” kata Bupati Djoko Nugroho.

Seribu pemuda dari berbagai sekolah, kampus dan organisasi menampilkan beragam pertunjukan seni budaya dalan pawai pemuda memperingati Hari Sumpah Pemuda. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Selain pawai pemuda, sebelumnya juga dilaksanakan doa bersama atas lancarnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 dirangkai renungan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di pendopo rumah dinas bupati, Minggu (27/10/2019) malam. Setidaknya 400 pemuda hadir dari berbagai organisasi dan sekolah. Acara berlangsung dengan khitmad, diisi dengan ceramah kebangsaan dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Kemudian, pagi tadi digelar upacara bendera di alun-alun Blora dengan inspektur upacara Bupati Djoko Nugroho. Hadir dalam upacara, Wakil Bupati Arief Rohman, jajaran Forkopimda, sekda, ketua organisasi wanita, dan kepala OPD. Adapun pesertanya adalah anggota TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, seluruh organisasi kepemudaan se-Kabupaten Blora, komunitas pemuda, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.