Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Minta Bantuan Rp 4 Miliar ke Pemprov untuk Kembangkan Museum Patiayam

MURIANEWS.com, Kudus – Museum Purbakala Patiayam Kudus tengah mengusulkan anggaran sebesar Rp 4 Miliar kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Anggaran itu rencanannya untuk pembangunan pengembangan Situs Purbakala tersebut.

“Kita usulkan ke Bangub Rp 4 miliar. Mudah-mudahan nanti bisa direalisasikan oleh Pak Gubernur Jawa Tengah,” kata Kepala UPT Museum Kretek dan Museum Purbakala Patiayam Kasman Sutiyono.

Ia mengatakan, rencananya anggaran tersebut untuk membeli tanah yang ditempati museum Patiayam. Karena, selama ini pihak Museum menyewa kepada pemerintah Desa Terban, sebab tanah tersebut merupakan tanah bengkok milik pemerintah desa.

“Masih kita sewa setiap tahunnya Rp 15 juta,” lanjutnya.

Tak hanya, pembebasan tanah, anggaran tersebut rencananya juga untuk pembangunan gedung display. Selain itu, pihaknya juga akan menambah gedung Museum Patiayam lagi. Karena saat ini, museum purbakala tersebut hanya memiliki satu gedung display.

“Rencananya ada dua gedung besar nantinya. Ini kita juga sudah buat DED tahun ini,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini Museum Situs Purbakala memiliki ribuan koleksi fosil yang tersimpan pada museum tersebut. Untuk jumlah fosil purba yang ditemukan selama ini tercatat ada sebanya 17 spesies hewan purba.

Sedangkan untuk jumlah fosil sebanyak 7.800 fragmen yang sudah teridentifikasi.Fosil itu terdiri dari fosil gajah purba, kijang, macan, hingga hewan laut.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...