Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Pati Ajak Pendamping Desa Lakukan Pengawasan Partisipatif

0 59

MURIANEWS.com, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupen Pati mengajak kepada para pemdamping desa untuk turut serta melakukan pengawasan partisipatif. Hal itu untuk menjaga agar kualitas demokrasi di Indonesia semakin baik.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, pengawasan partisipatif ini tidak hanya dengan pendamping desa, tetapi juga kepada semua kalangan masyarakat. Menurutnya, hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Peran pengawas partisipatif dalam pengawasan pemilu adalah memberikan informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi atau memantau dan melaporkan,” katanya dalam sosialisasi pengawasan partisipatif di Hotel Safin Pati, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, pemilu tanpa pengawasan dimungkinkan akan terjadi manipulasi suara, konflik antarpendukung calon dan hilangnya hak pilih. Selain itu juga akan marak politik uang, biaya politik mahal dan pemilu tidak sesuai aturan, sehingga timbul gugatan hasil.

Dia menambahkan, jika ada pengawas partisipatif, tentu akan menjadikan pemilu semakin bertintegritas. Selain itu juga mencegah terjadinya konflik dan dapat meningkatkan kualitas demokrasi.

“Karena itu, pengawasan partisipatif ini sangat penting. Lantaran, masyarakat turut serta mengawasi jalannya pemilu,” ujarnya.

Lebih dari itu, dengan adanya pengawasan partisipatif ini, juga akan menekan praktik politik uang. Apalagi, selama ini praktik tersebut banyak sekali terjadi di masyarakat.

“Jika masyarakat melihat ada kecurangan, silahkan catat dan kumpulkan data sehingga dapat terurai secara jelas. Selanjutnya, laporkan semua catatan itu kepada kami (Bawaslu) untuk nantinya kami tindak lanjuti,” tandasnya.

 

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.