Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Rp 34 Miliar Dikucurkan ke Desa-Desa di Pati

0 493

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada 156 desa di Kabupaten Pati yang tahun ini mendapatkan bantuan keuangan dari Perubahan APBD Pati 2019. Jumlah dana yang dikucurkan mencapai Rp 34 miliar.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, anggaran untuk desa ini memang digelontorkan terus menerus. Yang terakhir adalah bantuan keuangan sebesar Rp 34 miliar.

“Yang mau kita cairkan ini Rp 34 miliar. Hampir semuanya dapat. Saya mewanti-wanti, segera dilaksanakan sebab batas waktu tinggal dua bulan,” katanya.

Dia juga mengingatkan, dengan banyaknya bantuan itu, pihak desa diminta untuk dapat mempertanggung jawabkan dengan baik. Mengingat, ada juga bantun dari anggaran murni yang belum dilaporkan.

“Saya hanya berpesan, bantuan yang digelontorkan itu bertubi-tubi. Yang anggaran murni belum selesai, masih proses mengurus pertanggung jawaban, ditambah sekarang disusul bantuan keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPUTR Kabupaten Pati Ahmad Faisal mengatakan bahwa desa yang mendapat bantuan keuangan perubahan APBD 2019 ini sebanyak 156 desa dengan jumlah kegiatan sebanyak 287.

“Ada pengerjaan jalan, irigasi, talud dan seterusnya. Untuk anggaran per kegiatan berkisar antara Rp 50 hingga Rp 200 juta. Maksimal di nilai Rp 200 juta,” ujarnya.

Dia menyebut, pada tahap sebelumnya, hampir semua desa sudah melaksanakan pengerjaan proyek. Namun masih banyak yang kurang dalam penyelesaian administrasi.

“Mereka kalau tidak menyelesaikan LPJ nya, ya tidak akan kita cairkan. Sebab awal bulan November sudah mulai proses pencairan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.