Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Situs Candi Peninggalan Kerajaan Hindu Ditemukan di Demak

MURIANEWS.com, Demak – Sebuah stius bersejarah ditemukan warga di Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Demak. Penemuan situs candi yang diduga bagian dari kerajaan Hindu itu sempat ramai diperbincangkan di media sosial.

Situs yang terpendam di areal persawahan itu berupa susunan batu berbentuk yoni. Ada sejumlah pahatan berbentuk wajah manusia. Diduga situs ini merupakan bagian tempat ibadah zaman kerajaan Hindu.

Meski baru heboh saat ini namun situs itu sebenarnya sudah ditemukan warga sejak tahun 1980-an. Hanya saja saat itu, batu-batu tersebut dianggap batu biasa sehingga dikubur kembali.

Bhabinkamtibmas Desa Kebonbatur Bripka Mukhlisin mengatakan, situs itu awalnya ditemukan oleh warga bernama Muhtarom pada tahun 1980.

“Ditemukannya tahun 1980 di Dusun Kadilangon, yang berbatasan dengan Desa Kangkung. Namun baru viral saat ini,” katanya Sabtu (26/10/2019).

Ia menyebut, pihaknya bersama pihak desa dan Kasi Cagar Budata Disdikbud Demak Sakdiyah Yunaida, telah mendatangi lokasi dan melakukan pemeriksaan terhadap benda purbakala itu. Saat ini menurutnya, instansi terkait masih melakukan penyelidikan terkait umur benda tersebut.

Sementara itu, Kasi Cagar Budaya pada Disdikbud Demak Sakdiyah Yunaida mengatakan, batu berbentuk candi ini diduga berasal dari zaman Hindu-Budha. Menurutnya, situs tersebut adalah bagian candi yang berbentuk yoni.

“Kemungkinan yoni ini dipendam saat masuknya Islam di Demak. Di sejarah kita mengenalnya yoni atau media ritual ibadah orang Hindu,” ujarnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan penelitian mengenai situs ini. Kendati demikian, pihaknya belum berencana melakukan proses ekskavasi atau pengangkatan benda-benda prasejarah di situs tersebut karena keterbatasan dana.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...