Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

PWI Jepara dan PMI Salurkan Bantuan Air Bersih di Desa Kekeringan

MURIANEWS.com, Jepara – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyalurkan bantuan air bersih. Penyaluran air bersih dilakukan di Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan dan Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Jumat (25/10/2019).

Penyaluran bantuan air bersih ini juga melibatkan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jepara. Sebanyak 20 ribu liter air bersih disampaikan ke warga di dua desa tersebut.

Ketua PMI Jepara Sutedjo SS menyatakan, dua desa tersebut selama ini memang merupakan daerah terdampak kemarau. Air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sulit didapatkan.

“Kemarau panjang seperti saat ini membuat warga kesulitan air bersih. Mudah-mudahan bantuan ini bisa sedikit membantu,” ujarnya.

Warga masyarakat di Desa Kaliombo terlihat antusias menyambut bantuan air bersih ini. Mereka membawa semua alat penampungan air untuk bisa mendapatkan air bersih.

Hal ini menjadi sebuah pemandangan yang sangat menyentuh hati bagi rombongan PWI Kabupaten Jepara. Namun tentu saja menjadi sesuatu yang biasa bagi mereka warga Desa Kaliombo. Sebab hal seperti ini sudah biasa terjadi sejak berpuluh tahun lalu.

“Kami memang sudah terlalu sering mengalami kejadian seperti ini. Susah air. Meski kami harus berebut seperti sekarang ini, tetap merasa terbantu,” ujar Tarman, Ketua RW I, Desa Kaliombo.

Sementara itu, Ketua PWI Jepara Budi Santoso menyatakan, sebenarnya kegiatan seperti ini bukanlah sebuah solusi permanen atas masalah yang terjadi. Krisis air di wilayah ini terjadi setiap tahun.

Droping air bersih bisa jadi hanya solusi jangka pendek, tapi situai yang sama akan terjadi lagi. Solusi permanen atas masalah akut yang sudah menahun ini, tidak ada salahnya jika mulai mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Jepara.

“Apa yang kami lakukan hanyalah sedikit upaya membantu warga. Hanya solusi jangka pendek. Mudah-mudahan Pemkab Jepara bisa segera memberi perhatian serius soal ini dan menyusun solusi permanentnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...