Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Liburan Nyaman di Jepang Tanpa Pusing Bayar Transportasi dengan JR Pass

MURIANEWS.com – Jepang adalah salah satu negara yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Banyak sekali pilihan wisata di Jepang, transportasi untuk menuju tempat-tempat di Jepang tentu sangat banyak pilihannya. Wisatawan seperti kamu pasti akan kebingungan dengan pilihan transportasi yang ada. Dengan JR Pass pasti kamu akan sangat terbantu.

Seperti apa sebenarnya JR Pass atau Japan Rail Pass yang katanya bisa membantu memudahkan kamu berwisata di Jepang?.

Simak ulasan terkait JR Pass berikut ini.

Overview Japan Rail Pass

JR Pass (Japan Rail Pass) adalah tiket khusus moda transportasi di Jepang yang diperuntukkan untuk orang yang tidak menetap dalam waktu lama. Khususnya wisatawan asal Indonesia. JR Pass yang dimiliki selain bisa kamu manfaatkan untuk naik kereta, juga bisa kamu manfaatkan untuk transportasi lain yang tergabung dalam JR Group.

Untuk mendapatkan JR Pass ini, pertama kamu wajib membelinya di negara asal atau di Jepang. Kemudian tentukan cakupan wilayah dan pilih kelas yang sesuai dengan budget kamu. Setelah membeli, kamu nantinya akan mendapatkan Exchange Order yang bisa dikirim ke rumah langsung atau dapat juga diambil di bandara. Perlu diingat Exchange Order ini wajib ditukar dengan waktu maksimal 3 bulan setelah dikeluarkan. Sehingga tentukan antara kapan waktu membeli dan kapan kamu akan tiba di Jepang.

Cara Menggunakan JR Pass

Ketika sampai di bandara Jepang, kamu wajib meminta stempel “Temporary Visitor” di passport kamu. Ini adalah salah satu syarat agar kamu bisa menggunakan JR Pass di Jepang. Kemudian kamu bisa menukar Exchange Order yang dilengkapi dengan passport di midori-no-madogu.

Terkhusus bagi kamu pengguna JR Pass Shinkansen, kamu tidak akan melewati pintu tiket umum namun kamu harus ke petugas tiket. Tenang, petugas ini akan selalu ada di dekat pintu tiket umum untuk mengecek Pass yang telah kamu tukar.

Fasilitas

Dengan membeli JR Pass ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang dua kali untuk beberapa hal berikut:

  • Seluruh kereta dan kereta cepat yang masuk Japan Railways (JR) group.
  • Kereta Monorel Tokyo dengan tujuan dari atau menuju Bandara Haneda.
  • Kereta Express Narita dengan tujuan dari atau menuju Bandara Narita.
  • Kapal Ferry dari JR Group dengan tujuan Miyajima.
  • Beberapa kereta yang tidak masuk JR Pass namun menuju jalur kereta JR Pass.
  • Bus lokal dengan rute tertentu dan bukan bus cepat.

Rute JR Pass

Kamu bisa menemukan rute yang bisa dilalui oleh JR Pass ini di hampir seluruh rute kereta di Jepang dengan kurang lebih 4.800-an stasiun. Namun, kamu harus melihat kembali kota mana saja yang kamu tuju, agar kamu bisa membeli JR Pass yang sesuai dengan tujuanmu. Secara keseluruhan, JR Pass melayani rute seluruh Jepang, kecuali di Nozomi dengan jalur shinkansen Tokaido-Sanyo, Mizuho dengan jalur Sanyo-Kyushu dan kereta JR di jalur non-JR.

Harga Tiket

Harga JR Pass beragam, tergantung dari rute mana yang kamu pilih dan berapa durasi waktu berlakunya. Harga JR Pass tersebut dimulai dari Rp1.500.000 keatas. Bila kamu ingin menemukan harga yang lebih murah atau dengan promo mengunjungi agen online resmi seperti Traveloka. Dengan JR Pass traveloka dijamin liburan ke jepang kamu lebih mudah, santai, dan nyaman. (*)

Comments
Loading...