Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bangkai Kapal Masih Jadi Kendala Normalisasi Sungai Juwana

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya masih ada 16 bangkai kapal yang mangkrak di sepanjang Sungai Juwana yang dampaknya menghambat proses normalisasi sungai. Padahal, pemililk kapal sebelumnya sudah diimbau untuk memindahkan kapalnya.

KBO Sat Polair Polres Pati Iptu Sutamto mengatakan, bangkai kapal yang belum dipindahkan rata-rata ukurannya di atas 200 GT. Sehingga pihaknya kesulitan menariknya.

“Kalau yang di bawah 200 GT, masih bisa kami geser dengan menggunakan kapal tarik. Tetapi kalau di atas 200 GT, itu susah,” katanya, Kamis (24/10/2019).

Selain itu, ada enam kapal tanpa mesin atau bangunan kapal yang juga mengganggu aktivitas normalisasi. Padahal, proses normalisasi kini sudah mendekati akhir, yakni hampir sampai pada jembtan lama Sungai Juwana.

Sutamto juga mengaku sudah menghubungi para pemilik kapal. Hanya saja, mereka terkadang tidak mengindahkan peringatan tersebut.

“Selalu kami hubungi agar kapalnya dipindahkan. Katanya sih, iya. Tetapi ketika kami cek, kapalnya masih ada di tempat yang sama,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, memang ada sekitar tiga kapal yang kondisinya sudah rusak parah. Bahkan hampir tenggelam dan puing-puingnya berserakan menganmbang di sungai.

Menurut Sutamto, kondisi seperti itu biasanya pemilik kapal sudah tidak menghiraukan lagi. Namun, jika dipindahkan, terkadang pemilik kapal justru protes.

“Tetapi kami tetap berkomunikasi kepada pemilik kapal yang masih mangkrak. Karena kalau tiba-tiba kami garuk, tentunya kami tidak berani, karena ada pemiliknya,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...