Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Progres Normalisasi Sungai Juwana Capai 60 Persen

MURIANEWS.com, Pati – Normalisasi sungai Juwana yang dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, sudah mencapai 60 persen. Ditargetkan, awal Desember 2019 proses normalisasi tahap awal yang menelan dana Rp 40 miliar itu sudah rampung.

Dari pantauan lapangan, dalam proses normalisasi itu ada dua kapal keruk dan dua exaponton yang bergerak untuk mengangkat lumpur dari dalam sungai.

Koordinator Lapangan Pengerjaan Normalisasi Sungai Juwana Amir Hadziq Fahmi mengatakan, untuk pengerukannya sendiri sudah dilakukan sepanjang 2 km. Sementara targetnya sendiri adalah 2,7 Km.

“Ini semuanya sudah bergerak. Dua kapal keruk juga bekerja dengan keras agar proses pengerukan segera dapat terselesaikan,” katanya, Kamis (14/10/2019).

Meski demikian, ada beberapa kendala di lapangan yang sering kali menghambat proses normalisasi itu. Menurutnya, yang paling sulit adalah banyaknya bangkai kapal yang belum dipindahkan oleh pemiliknya.

“Ini kendala yang paling berat. Karena kalau masih ada kapal, tentu proses pengerukan sulit dilakukan,” ujarnya.

Apalagi, pihak pemilik kapal juga kurang proaktif dalam upaya membantu normalisasi ini. Padahal, sebentar lagi sudah memasuki musim hujan.

“Khawatirnya, kalau hujan nanti yang kasihan bagian atas. Berbeda kalau sudah dikeruk, aliran air bisa lebih lancar,” terang Amir.

Pihaknya juga berharap agar para pemilik kapal segera memindahkan kapalnya dari aluran Sungai Juwana yang terkena normalisasi. Sehingga, pengerukan bisa lebih cepat dilaksanakan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...