Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sidang Kasus OTT Bupati Kudus

Disenggol Agus Kroto dalam Persidangan, Sekda Kudus: Saya Siap Dimintai Keterangan

MURIANEWS.com, Kudus – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengaku siap bersikap kooperatif jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membutuhkan kesaksiannya terkait kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Kudus beberapa waktu lalu.

“Saya tentu akan bersifat kooperatif jika memang diperlukan. Saya siap dimintai keterangan,” katanya, Rabu (23/10/2019).

Pernyataan tersebut ia keluarkan pascajabatannya sempat disenggol saksi Agus Soeranto alias Agus Kroto dalam pesidangan kedua pemanggilan saksi dengan terdakwa Akhmad Sofiyan pada Senin (21/10/2019) kemarin. Yakni terkait dengan bantuan pemulusan karir dari istri Akhmad Sofyan, Rini Kartika Hadi.

“Saya pikir penyebutan jabatan saya itu wajar karena saya ketua pansel dan saya bekerja,” katanya.

Menurutnya, Ketua Pansel memang bertugas menyediakan ataupun mengusulkan beberapa nama untuk diajukan ke pihak bupati. Hanya, keputusan akhirnya memang diserahkan seluruhnya pada orang nomor satu di Kudus tersebut.

“Tugas saya memang merekomendasikan sebagian nama dari ratusan nama yang ada. Tetap keputusan akhir ada di bupati,” lanjutnya.

Soal kedekatan dengan Rini Kartika Hadi, Sam’ani menyebut hanya sebatas teman sesama PNS. Hanya ia mengakui sempat memberi semangat kepada Rini. Namun, hal tersebut juga ia lakukan pada semua calon yang saat itu mendaftarkan diri sebagai calon kepala dinas di beberapa OPD.

“Saya hanya sebatas memberi semangat, tidak ada yang lain,” lanjutnya.

Oleh karena itu pihaknya pun siap memberikan keterangan jika memang dibutuhkan oleh pihak KPK. “Ya saya siap jika dimintai klarifikasi ataupun keterangan soal ini,” terangnya.

Sidang ketiga terdakwa Akhmad Sofiyan bakal bergulir kembali, Senin (28/10/2019) pekan depan. Dengan agenda pemanggilan beberapa saksi kembali. Setelah sebelumnya, staf khusus bupati Agus Soeranto, Ajudan bupati, Uka WS, dan Staff TU Bupati Norman Rifki dihadirkan Senin lalu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...