Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Undip Gelar Diskusi Ketahanan Pangan Bidang Pertanian di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Universitas Diponegoro (Undip) menggelar forum diskusi dengan ratusan petani, peternak, penyluh lapangan dan pelaku UMKM di Kudus, Rabu (23/10/2019). Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kesatuan dan persatuan dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Turut hadir, Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip  Bambang Waluyo, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto serta ratusan tamu undangan.

Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip Bambang Waluyo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian disnatalis Undip. Salah satunya melakukan kegiatan diskusi dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Kudus.

“Dalam hal ini sesuai dengan temanya membangun kesatuan dan persatuan menuju kedaulatan pangan di Kudus. Kita konsentarsikan kemandirian pangan dibidang peternakan dan pertanian di Kudus agar terwujud,” jelasnya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini juga dalam rangka untuk meningkatkan pengembangan percepatan di bidang pertanian. Khususnya peternakan dan perikanan.

“Kita sudah membangun beberapa program di Kudus. Seperti pendampingan eduwisata di Margorejo, di Lau Kecamatan Dawe. Kemudian juga di Undaan Tengah Kecamatan Undaan ada kampung kalkun,” jelasnya.

Oleh karena itu, adanya kegiatan ini diharapakan terus berlanjut. Tidak hanya sampai saat ini. “Kami ke depan kegiatan ini terus berkesinambungan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto mengatakan, Kabupaten Kudus sebelumnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Hal ini karena mampu meningkatkan produksi beras sebesar lima persen.

“Sebagai potensi tanaman pangan, jagung, kedelai, dan cabai. Dan juga tanaman kopi,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar melalui kegiatan ini dapat mendapatkan masukan dan komponen dari akademisi. Sehingga terwujudnya ketahanan pangan di kabupaten Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...