Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kekeringan di Pati Makin Meluas, Warga Diminta Waspada

MURIANEWS.com, Pati – Dampak kekeringan akibat musim kemarau panjang yang menimpa wilayah Kabupaten Pati, saat ini tengah meluas. Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, setidaknya ada 134 desa di 13 kecamatan yang sudah terdampak kekeringan.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Pati Hadi Santosa mengatakan, wilayah yang terdampak kekeringan semakin banyak. Mutlak, warga yang kesulitas mencari air bersih juga meningkat.

“Ribuan tangki sudah kami gelontorkan kepada warga terdampak. Sebab, kekeringan di Pati ini bertambah. Ada 134 desa yang terdampak,” katanya, Rabu (23/10/3019).

Di antara daerah yang terdampak diakuinya banyak berada di daerah Pati bagian selatan. Seperti Kecamatan Gabus, Tambakromo, Kayen, Batangan, Juwana, Jakenan, Jaken, Winong dan lainnya.

Dikatakannya, untuk membantu warga, saat ini sebanyak 1.326 tangki air bersih telah didistribusikan ke sejumlah daerah yang terdampak. Jumlahnya diperkirakan lebih dari itu, mengingat hingga saat ini banyak bantuan yang masuk, namun tidak dilaporkan ke BPBD.

“Karena memang banyak perorangan maupun instansi dan swasta yang secara sukarela ikut membantu bantuan air bersih namun belum dilaporkan,” ujarnya.

Sementara yang saat ini dikoordinir BPBD dikatakannya berasal dari CSR perusahaan, PMI, Dinas Lingkungan Hidup, Korpri, BPBD Jateng, maupun dari BPBD Pati sendiri.

Dia menilai, kemarau panjang ini memang cukup memprihatinkan. Sebab, selain waktunya yang lebih lama, dampak yang dirasakan juga semakin meluas. Tidak hanya warga, areal persawahan saat ini juga kering kerontang.

Dinas Pertanian mendata, total ada 3.937 hektare lahan yang mengalami kerusakan akibat kekeringan. Dari luasan itu, 479 hektare mengalami rusak ringan, 463 hektare rusak sedang, 1.138 hektare rusak berat dan 1.857 hektare mengalami puso.

“Kami harap hujan segera turun. Sehingga bisa meringankan beban warga yang terdampak kekeringan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...