Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

11 Orang Meregang Nyawa Tiap Hari di Jalanan Jateng

0 1.293

MURIANEWS.com, Semarang – Polda Jawa Tengah mencatat rata-rata setiap hari ada 11 orang meninggal dunia di jalanan Jawa Tengah akibat kecelakaan. Data ini tercatat sejak Januari hingga September 2019.

Dalam kurun waktu tersebut, total ada 3.167 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas. Hal ini ditegaskan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2019 di Semarang, Rabu (23/10/2019).

”Hasil analisa dan evaluasi menyebutkan selama Januari hingga September 2019 tercatat 3.167 orang meninggal dunia karena kecelakaan, atau rata-rata 11 orang riap hari,” katanya.

Sementara jumlah kejadian kecelakaan yang terdatat selama sembilan bulan terakhir itu sebanyak 9.262 kejadian atau rata-rata 71 kejadian setiap harinya. Selama tahun ini, lanjut dia, tercatat 1,5 juta pelanggaran lalu lintas.

Mantan Gubernur Akpol ini menjelaskan, faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut ialah manusia yang tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Oleh karena itu, melalui Operasi Zebra Candi 2019 ini diharapkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas bisa meningkat. Operasi ini akan digelar selama dua pekan yakni mulai Rabu hari ini hingga 5 Oktober 2019 mendatang.

Dalam operasi ini, selain penegakan hukum juga diprioritaskan pemahaman tentang tertib lalu lintas terhadap pengendara kendaraan bermotor.

Pihak kepolisian juga mengharapkan pengendara kendaraan bermotor menyiapkan berbagai kelengkapan sebelum berkendara.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.