Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rhenald Kasali: Kita Masuk di Era Mobilisasi dan Orkestrasi

0 41

MURIANEWS.com, Jepara – Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini sudah pasti akan membawa perubahan cara hidup umat manusia. Ada tiga kemajuan teknologi yang saat ini sudah terjadi. Pertama teknologi informasi-komunikasi (IT), teknologi nano dan teknologi biologi.

Hal ini disampaikan oleh Professor Rhenald Kasali, dalam forum Multi Stake Holders Forum 2019, yang digelar PLN Pembangkitan Tanjung Jati B, Selasa (22/10/2019).  Dalam forum ini, Rhenald Kasali didapuk menjadi pembicara di puncak acara, yang digelar di Area PLTU TJB, Desa Tubanan, Kembang, Jepara.

Rhenald menegaskan, kemajuan IT yang saat ini sudah dirasakan memberikan dampak. Perubahannya memasuki semua bidang kehidupan.

Mulai dari pendidikan, politik, sosial budaya dan industri perdagangan. Para pelaku yang tidak siap, dipastikan akan hilang digantikan pemain baru yang siap dengan perubahan ini.

“Anda sekarang bisa lihat, orang dengan modal kecil bisa menjual barang atau jasa dengan jumlah banyak. Seorang yang bahkan tidak memiliki dapur bisa menjual aneka makanan ke banyak orang. Kita sekarang kenal apa itu Gojek, Gofood. Itulah fenomena yang terjadi saat ini,” ujarnya.

Menurut dia, kemajuan teknologi ini pada akhirnya membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Manusia kini masuk pada era yang disebutnya sebagai era mobilisasi dan orkestrasi. Mereka yang menguasai IT menggunakannya untuk tujuan-tujuan mereka.

Dalam banyak kasus, kini muncul adanya hoaks, yang sengaja disebar untuk tujuan tertentu. Terutama di bidang politik kekinian. Namun di sisi lain ada usaha-usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan IT untuk tujuan yang baik.

“Di Banyuwangi, dengan IT Pemkab Banyuwangi berhasil memobilisasi warganya dan membuat orkestrasi hingga membuat daerah ini mampu menghasilkan manfaat besar di ekonomi masyarakatnya. Mereka mampu membuat 90 even atraksi budaya dalam setahun, dan membuat sektor pariwisata mereka menggeliat dengan kuat,” katanya.

Di tingkat global, dampak kemajuan teknologi juga memberi dampak. Ada banyak kasus yang bisa dirujuk. Misalnya kasus Brexit di Inggris. Kemudian perang dagang yang kini tercipta antara AS dan China, jelas tidak jauh dari dampak kemajuan teknologi ini.

Dalam era mobilisasi dan orkestrasi ini menurutnya, akan muncul pemain baru menggeser pemain lama, secara tiba-tiba. Bisa tidak terduga prosesnya. Saat ini perilaku konsumen telah berubah, mereka menginginkan semua hanya dengan HP mereka.

“Dari situasi ini akhirnya muncul dua penilaian. Pertama adalah adanya kesempatan di dalam situasi bahaya dan sebuah ancaman bahasa dalam situasi yang penuh dengan kesempatan. Orang tinggal memilih mana yang akan dijalaninya,” tegas Rhenald Kasali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.