Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penyandang Disabilitas Intelektual di Jepara Sudah Mulai Mampu Mandiri

MURIANEWS.com, Jepara – Program Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK) yang dilaksanakan pemerintah pusat, mulai dirasakan manfaatnya. Di Kabupaten Jepara ada 50 orang penyandang disabiltas intelektual yang mendapatkan arahan dari program ini.

Kader rehabilitasi RSBK di Jepara Ahmad Burhan menyebutkan, ada banyak perkembangan yang mulai terlihat dari mereka. Di Kabupaten Jepara, sebelumnya para penyandang disabilitas intelektual sering tidak mendapatkan perhatian.

Banyak dari mereka yang sebelumnya tidak terurus bahkan oleh keluarganya sendiri. Mereka tidak bisa membersihkan tubuhnya sendiri, sehingga kotor dan dijauhi oleh lingkungan dan keluargannya sendiri.

“Tanpa arahan dan pendampingan, para penyandang disabilitas intelektual yang tidak terurus, tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Akhirnya dijauhi lingkungan dan keluarga. Setelah mendapatkan pendampingan, mereka sudah mulai terbiasa membersihkan diri,” ujar Ahmad Burham, Senin (21/10/2019).

Lebih dari itu, mereka juga mendapatkan pelatihan-pelatihan untuk bisa mengerjakan berbagai kegiatan. Bagaimanapun mereka juga memerlukan keterampilan untuk bisa mandiri di tengah masyarakat. Di tengah keterbatasan, mereka tetap harus mengembangkan diri untuk bisa menjalani kehidupan.

“Teman-teman disabilitas intelektual di Jepara alhamdulilah sudah menunjukan perkembangan cukup bagus. Ada yang sudah bisa mengembangkan usaha laundry dan berternak kambing. Ini tentu menggembirakan,” tambah Ahmad Burham.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...