Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hadar Nafis Sebut Syarat Administrasi Belum Bisa Pastikan Kualitas Caleg

0 20

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara menggelar Evaluasi Tahapan Pencalonan  Anggota DPRD Jepara Pemilu 2019. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Hotel Sekura Village, Mlonggo, Jepara, Senin (21/10/2019).

Mantan Ketua KPU RI (2012-2017) Hadar Nafis Gumay menjadi salah satu narasumber. Dalam paparannya, Hadar menyebut pencalonan angota legeslatif sebenarnya sudah diarahkan untuk mendapatkan yang terbaik.

Menurutnya ada beberapa hal yang diharapkan bisa menjadi ‘alat’ untuk mengukur agar bisa didapatkan calon seperti yang diharapkan. Syarat-syarat seperti dukungan dari Parpol dan dukungan masyarakat adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, syarat untuk hal-hal yang bersifat personal seperti umur, kualitas kompetensi, pendidikan, keterkaitan hukum, kesetiaan terhadap konstitusi dan komitmen terhadap negara, diharapkan bisa menjadi ‘alat ukur’. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua ‘alat ukur’ itu bisa berfungsi seperti yang diharapkan.

“Subtansinya, syarat-syarat yang diharapkan bisa menjadi alat ukur itu, akhirnya tidak lebih hanya menjadi sekadar lembaran dokumen saja. Semua dipenuhi, namun tidak secara substansial bisa menjadi alat ukur yang pasti,” ujar Hadar Nafis Gumay.

Untuk itu, ke depan perlu dilakukan pembenahan-pembenahan terkait hal ini. Sehingga calon-calon yang muncul dan akan dipilih rakyat benar-benar memiliki kualitas dan kapasitas yang sudah terukur kemampuannya. Soal ini menurut dia, perlu dibahas secara lebih jauh agar bisa memberi perbaikan dalam proses ke depan.

Sementara itu Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menyatakan, produktivitas KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019 sudah diupayakan semaksimal mungkin. Dalam hal pencalonan, masyarakat memang tidak memiliki pilihan lain, karena semua menjadi kewenangan parpol.

Selain itu, konstelasi yang terjadi di dalam Parpol biasanya juga sangat dipengaruhi oleh konstelasi para calon yang bersaing. Sehingga mereka yang ‘andal’ akhirnya muncul untuk dipilih.

“Dalam hal ini KPU hanya menjalankan peraturan-peraturan yang ada. Soal calon memang berada diluar kewenangan KPU, karena yang menentukan adalah masing-masing parpol,” ujar Yulianto Sudrajat.

Sedangkan Ketua KPU Jepara Subchan Zuhrie menyatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 di Jepara sudah berlangsung sukses. Namun demikian masih ada hal-hal yang perlu mendapatkan perbaikan. Melalui kegiatan ini diharapkan ada masukan-masukan yang bisa digunakan untuk perbaikan.

“Jika menilik pelaksanaan yang sudah selesai lalu, untuk pencalonan memang ada beberapa hal yang layak dibahas. Di antaranya adanya parpol yang kebanyakan calon dan ada yang kekurangan calon. Masalah pemenuhan administrasi juga tidak disiapkan dengan baik sejak awal,” katanya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.