Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disnakerperinkop-UKM Kudus Segera Bahas Kenaikan UMK 2020

0 154

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop-UKM) Kabupaten Kudus berencana akan membahas besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK). Langkah itu dilakukan karena adanya keputusan dari kementrian ketenagakerjaan (Kemenaker) tentang besaran Upah Minimun Provinsi (UMP) dengan besaran 8,51 persen.

Kepala Disnkaerperinkop-UKM Bambang Tri Waluyo menjelaskan, memang dari pihak dinas telah menerima surat edaran dari Kemenaker. Yakni tentang kenaikan besaran upah pada tahun 2020 mendatang.

“Segera akan kami bahas kenaikan upah di Kudus. Suratnya sudah di tangan,” jelasnya.

Ia mengatakan, pembahasan kenaikan upah itu akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Pembahasan kenaikan itu direncakan akan melibatkan beberapa pihak. Mulai dari unsur pengusaha, buruh, dan dari pemerintah daerah sendiri.

“Pembahasan nanti dilakukan oleh dewan pengupahan atau tripartit,” katanya.

Untuk saat ini UMK Kudus  berada di angka Rp 2,04 juta. Hanya untuk besaran kenaikan nantinya belum diketahui. Karena besaran UMK tahun 2020 mendatang masih belum ditetapkan besarannya.

“Kita lihat pembahasannya dulu,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, bahwa Kemenaker telah mengeluar surat edaran tentang kenaikan UMP sebesar 8,51 persen. Surat edaran itu bernomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019.

Dalam surat itu juga, kenaikan 8,51 persen berdasarkan data inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, inflasi nasional sebesar 3,9 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.