Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pecahkan Rekor MURI, Kadin Jepara Akan Ajak 10 Ribu Orang Makan Latoh

0 90

 

MURIANEWS.com, Jepara – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jepara berencana mengumpulkan 10 ribu orang untuk makan latoh (rumput laut) bersama. Ini diharapkan bisa untuk mencatatkan rekor baru pada Museum Rekor Indonesia (MURI).

Bekerja sama dengan Pemkab Jepara, Kadin mengajak seluruh masyarakat untuk mengonsumsi tanaman hasil laut tersebut. Latoh sebutan akrab masyarakat, atau juga dikenal dengan nama Sea Grape serta sebutan nama lain Green Caviar oleh orang Eropa dan Amerika, merupakan tanaman hasil laut.

Di dalamnya terkandung protein, kalsium, asam lemak tak jenuh serta masih banyak lagi yang baik untuk kesehatan. Di wilayah Jepara, latoh biasa ditemui sebagai campuran sayuran. Biasanya sebagai campuran dalam sayuran dalam pecel.

Koordinator Kegiatan Kadi, Tantowi Jauhari, menyatakan kegiatan ini diharapkan bisa mengenalkan produk hasil laut ini. Latoh merupakan komoditas yang mempunyai nilai tinggi, yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membudayakan serta membudidayakan makan rumput laut, dalam hal ini adalah latoh yang kebetulan ada di Jepara,” ujar Tantowi Jauhari, usai beraudiensi dengan Pemkab Jepara, Jum’at (18/10/2019).

Tantowi juga menambahkan, Kadin menjadi mitra strategis dalam menjalin kerja sama bersama pemkab dalam melaksanakan kegiatan dengan melibatkan masyarakat. Latoh bisa menjadi sumber ekonomi, penyerapan tenaga kerja. Apalagi di Jepara banyak tambak yang kosong, sehingga dapat dimanfaatkan diisi denga latoh dan rajungan.

Sementara itu, Asisten I Sekda Jepara Mulyaji mengatakan, Pemkab Jepara menyambut baik rencana ini. Pada tahun 2019 ini banyak even yang digelar di Jepara. Baik yang berskala regional, nasional bahkan international.

“Dalam waktu dekat beberapa even juga telah diagendakan, seperti lomba renang, festival Jepara, festival kuliner dan festival kopi serta masih banyak lagi telah masuk agenda Pemda dalam mempromosikan Jepara,” ujar Mulyaji.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.