Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Dorong Wanita Pekerja Rutin Konsumsi Tablet Cantik

0 394

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus tengah gencar menyosialisasikan tablet cantik atau yang sering dikenal dengan tablet zat besi. Tablet ini didorong untuk dikonsumi para pekerja wanita di kabupaten ini yang jumlahnya cukup banyak.

“Kalau rutin dikonsumsi, katakanlah rutin tiga bulan, bisa seperti Luna Maya nanti,” gurau Kepala DKK Kudus Djoko Dwi Putranto pada sejumlah buruh wanita di di brak PR Nojorono, Kaliwungu, Kamis (17/10/2019).

Menurut Djoko, tablet zat besi sangat bermanfaat bagi wanita. Terutama untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga daya tahan seorang pekerja wanita. Selain itu, jangka panjangnya juga bisa menurunkan angka kematian pada ibu dan anak saat melahirkan.

“Tentunya pekerja wanit terhindar dari kekurangan zat besi atau anemia,” lanjutnya.

Gerakan pencananganan minum tablet cantik ini akan berlangsung serentak di semua perusahaan. Program, akan berlangsung hingga bulan Desember 2019 mendatang. “Pemberian tablet cantik ke pekerja akan dilaksanakan sepekan sekali,” lanjutnya.

Selain penggalakan minum tablet cantik, pihaknya juga menekankan perhatian pada pekerja perempuan yang tengah hamil, melahirkan, dan menyusui. Asupan vitaminnya harus diperhatikan dengan benar.

“Beri konseling gizi, beri vitamin A, adakan ruang laktasi atau menyusui di pabrik, akan sangat baik hasilnya. Juga bisa mengurangi stunting atau gizi buruk,” terangnya.

Djoko menambahkan, di Kudus jumlah pekerja perempuan, mencapai 40 persen dari total seluruh pekerja yang ada. Sebagian besar juga ada di sektor industri rokok.

Pada pencanangan tahap awal, ada sekitar 500 pekerja perempuan yang mengikutinya. “Mereka adalah aset perusahan yang harus dijaga kesehatannya,” terang Djoko.

Semenatara Zaratun, salah satu pekerja pabrik menyebut sudah merasakan sedikit dampak baik dari tablet itu. “Agak enakan. Kalau diberi tiap hari, mau juga,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kudus Mawar Hartopo mengatakan, pekerja perempuan harus selalu ingat dan menjaga kesehatannya.

“Kalau sakit nanti tidak bisa bekerja. Pokoknya jangan lupa minum tablet cantik. Minumnya yang teratur,” pesannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.