Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SMK Fadlun Nafis Jepara Gelar Parade Kenalkan Pangan Lokal

0 116

MURIANEWS.com, Jepara – Dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia, SMK Fadlun Nafis, Bangsri, Jepara menggelar pengenalan pangan lokal, Kamis (17/10/2019). Melalui kegiatan ini, para siswa diajak mengenal pangan tradisional yang ada di Indonesia.

Ketua panitia kegiatan, Dini Anggraini menyatakan, keberadaan makanan maupun minuman tradisional saat ini sudah sulit ditemukan. Posisinya sudah mulai tergeser oleh makanan dan minuman modern yang terjual bebas di pasaran.

Melalui acara ini pihaknya berharap bisa mengenalkan kembali kepada para siswa SMK Fadlun Nafis maupun masyarakat tentang makanan dan minuman tradisional. Karena itu dalam kegiatan ada festival makanan dan minuman lokal.

“Produk pangan tradisional kami kenalkan melalui sebuah parade yang kami usung ke wilayah sekitar sekolah kami. Untuk menarik perhatian, kami juga melibatkan Fadlun Nafis Marchingband (FMB), berkeliling di sekitar Yayasan Fadlun Nafis,” ujar Dini Agraini, Kamis (17/10/2019).

Dalam kegiatan ini, semua siswa, guru dan karyawan juga harus menciptakan kreasi semenarik mungkin mengenai Hari Pangan Sedunia. Selain itu juga dibuka bazar makanan dan minuman tradisional, lomba masakan dan minuman tradisional.

Lomba itu wajib diikuti oleh semua kelas. Tidak hanya siswa, guru SMK Fadlun Nafis Bangsri juga wajib mengikuti lomba memasak tradisional.

“Ada jenis makanan tradisional yang dilombakan, seperti gobet, cethot, getuk, tiwul, horok-horok, klepon dan minuman wedhang Gatotkaca. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini produk tradisional Indonesia tetap lestari,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Fadlun Nafis Bangsri, menyatakan bangga siswa-siswinya mempunyai inisiasi seperti ini. Selain bisa memberikan ruang untuk berkreasi keapada siswa, kegiatan ini juga bisa nguri-uri makanan dan jajanan lokal, terlebih Jawa.

“Marilah senantiasa mencintai dan mengonsumsi jajanan lokal kita, supaya keberadaanya tetap eksis. Selamat hari pangan sedunia 2019,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.